Ayo Periksa Denyut Nadi Anda Sendiri!

Tanggal: 2 Okt 2017 20:21 wib.
Apa itu denyut nadi?

Denyut nadi hanyalah perluasan arteri. Ekspansi ini disebabkan oleh peningkatan tekanan darah yang mendorong dinding elastis arteri setiap kali jantung kita berdetak.

Ekspansi arterial ini meningkat dan turun seiring dengan jantung saat memompa darah kita dan kemudian beristirahat saat isi ulang. Denyut nadisi dirasakan pada titik-titik tertentu pada tubuh dimana arteri lebih besar mendekati kulit.

Bagaimana menemukan denyut nadi?

Arteri berada di bawah kulit di pergelangan tangan dan leher, membuat denyut nadi sangat mudah ditemukan pada titik-titik ini.

Berikut adalah langkah sederhana yang dibutuhkan untuk menemukan denyut nadi di pergelangan tangan (radial pulse):

Putar satu tangan ke atas, jadi sisi telapak menghadap ke atas

Gunakan tangan yang lain untuk menempatkan dua ujung jari dengan lembut di alur pada lengan bawah, sedikit dibawah lipatan pergelangan tangan dan sekitar satu inci dari dasar jempol.

Bila posisinya benar, Anda akan merasakan denyut jantung yang berdetak kencang

Denyut nadi juga bisa ditemukan di leher dengan menggunakan dua jari dengan cara yang sama; Dengan lembut tekan ke dalam alur lembut di kedua sisi tenggorokan (trakea).

Ini adalah denyut nadi yang mengalir melalui salah satu arteri karotis - arteri utama yang menaiki leher dari jantung ke kepala.

 

Cara mencatat pembacaan denyut nadi.

Setelah denyut nadi ditemukan dengan mengikuti langkah-langkah di atas, tahan diam dan:

Gunakan arloji atau jam.

Selama satu menit atau 30 detik, hitung jumlah detak yang terasa.

Jumlah denyut nadi lebih dari satu menit adalah pengukuran denyut jantung standar, yang juga bisa dihitung dengan menggandakan jumlah denyut nadi yang dirasakan selama 30 detik.

 

Pembacaan denyut nadi normal dan abnormal

Jantung harus berdetak dengan mantap, dengan selang yang teratur di antara setiap detak, sehingga denyut nadi juga harus mantap. Namun, normal untuk detak jantung bervariasi dalam menanggapi gerakan dan aktivitas, olahraga, kegelisahan, kegembiraan, dan ketakutan.

Sebagai aturan umum, orang dewasa akan memiliki detak jantung istirahat 60-100 denyut per menit (bpm). Secara umum, orang yang lebih bugar akan memiliki denyut jantung lebih lambat daripada individu yang kurang kenyal. Olahragawan, misalnya, mungkin memiliki detak jantung istirahat hanya 40-60 bpm.

Jika Anda merasa jantung Anda berdetak keluar dari ritme - atau terlalu cepat atau terlalu lambat (di bawah 40 atau lebih dari 120) - dan ini bisa dirasakan saat mengambil denyut nadi, Anda harus membicarakannya dengan dokter.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved