Apa yang Menyebabkan Lepuhan di Kaki?

Tanggal: 2 Nov 2017 07:10 wib.
Lepuhan adalah semacam kantong berisi cairan yang berkembang di lapisan atas kulit sebagai respons terhadap luka atau infeksi. Pelepuhan biasanya terjadi di daerah yang rusak untuk melindungi mereka dari bahaya lebih lanjut.

Kebanyakan lecet berkembang dimana lapisan terluar kulit sangat tebal, seperti di tangan dan kaki.

Saat kaki dipenuhi banyak saraf dan pembuluh darah lepuhan sialnya berada di bawah kaki di hari yang sibuk, lepuh di kaki bisa sangat menyakitkan. Bergantung pada tempat lecet ada di kaki, bisa melumpuhkan dan sulit diobati.

Penyebab dan gejala

Gesekan terhadap kulit inilah yang menyebabkan sebagian besar lecet. Namun, apapun yang berakibat pada kerusakan jaringan atau pembuluh darah pada kulit luar bisa menyebabkan lecet.

Penyebab lecet pada kaki meliputi:

Gesekan dan tekanan

Campuran gesekan dan tekanan menyebabkan sebagian besar lecet pada kaki.

Bila kulit kaki terus digosokkan pada sepatu, kaus kaki, atau permukaan kasar, iritasi dan pembengkakan sering terjadi. Hasilnya adalah nyeri, bengkak, dan kemerahan.

Nyeri merah biasanya akan berkembang di kaki sebelum lepuh itu sendiri. Jika sakit terus teriritasi atau tekanan diletakkan di atasnya, geser kulit terjadi.

Pencukuran adalah tempat peradangan menyebabkan air mata kecil di kulit. Tubuh mengirimkan cairan untuk mengisi lubang ini dan melindungi lapisan jaringan bawah yang lebih halus.

Lepuh gesekan cenderung menyakitkan dan lembut saat disentuh dan bisa melumpuhkan.

Pembakaran

Saat kulit terbakar, tubuh bisa merespons dengan menciptakan lecet untuk melindungi lapisan jaringan yang mendasari agar tidak rusak.

Mungkin diperlukan satu atau dua hari agar lecet berkembang setelah luka bakar tingkat pertama, seperti yang diakibatkan oleh sengatan matahari. Dengan luka bakar yang lebih parah, lecet segera muncul.

Karena disebabkan oleh kondisi yang sangat menyakitkan, gejala lecet terbakar tidak diperhatikan oleh kebanyakan orang, atau tidak dapat dibedakan dari luka bakar. Luka bakar yang melepuh cenderung sembuh pada saat luka bakar itu sendiri telah sembuh.

Pembekuan

Dingin yang ekstrem dapat menyebabkan radang dingin, pembekuan dan pembunuhnya di kulit. Bila ini terjadi, blister berkembang untuk menjaga panas dalam tubuh.

Luka bakar cenderung segera muncul. Seperti luka bakar yang melepuh, kebanyakan orang memiliki waktu yang sulit untuk memisahkan gejala lecet beku dari gejala radang dingin itu sendiri.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak atau peradangan kulit dapat terjadi kapan pun kulit terkena iritasi. Jika terpapar terus, dermatitis kontak bisa berkembang menjadi bentuk melepuh.

Alergen dan iritasi yang parah juga bisa berakibat pada peradangan dan tekanan yang cukup untuk menyebabkan lecet.

Lepuhan segera muncul atau segera setelah terpapar iritan atau seiring waktu dengan paparan dosis rendah dan bertahap. Luka bakar kimia juga bisa menyebabkan pembentukan blister.

Penyebab umum dari jenis lepuh ini meliputi:

- Gigitan serangga dan sengatan
- Alergen kulit
- Bahan kimia dalam deterjen
- Bahan kimia di kamar mandi atau pembersih kulit
- Pelarut kimia atau pembersih
- Sulfat
- Kobalt
- Nikel
- Agen kimia beracun atau gas yang digunakan dalam peperangan
- Bahan kimia yang digunakan di laboratorium atau pengaturan klinis
Copyright © Tampang.com
All rights reserved