Apa Penyakit Fibromyalgia yang Banyak di Derita Selebriti Wanita

Tanggal: 16 Sep 2017 22:57 wib.
Tampang.com- Baru-baru ini muncul banyak penyakit yang diderita oleh pesohor atau selebriti wanita mancanegara atau tanah air banyak yang mengalami. Memang penyakitnya tidak srring didengar tapi sangat menggangu. Baru-baru ini yang mengalami adalah penyanyi yang sangat eksentrik Lady Gaga mengalami rasa kesakitan yang amat sangat karena menderita penyakit tersebut.

Supaya kita tidak penasaran yuk kita kenali apa sebenarnya penyakit Fibromyalgia

Penyakit Fibromyalgia atau fibromyalgia syndrome (FMS) adalah penyakit kronis yang membuat penderitanya mengalami rasa sakit di sekujur tubuh.

Fibromyalgia bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Namun sebagian besar penderitanya berusia di antara 30 hingga 50 tahun. Selain itu, wanita memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit ini dibandingkan dengan pria.



Gejala Fibromyalgia

Gejala utama fibromyalgia adalah rasa sakit yang menyebar ke seluruh tubuh. Rasa sakit ini dapat berupa sensasi terbakar, seperti ditusuk-tusuk, atau nyeri tumpul yang dapat terus dirasakan selama setidaknya 12 minggu.

Indikasi tersebut akan berlangsung secara terus-menerus dengan tingkat keparahan yang mungkin berubah-ubah. Terkadang juga bisa disertai dengan gejala-gejala lain yang meliputi:

§  Tubuh sangat sensitif terhadap rasa sakit.

§  Otot kaku.

§  Sulit tidur dan kelelahan. Rasa sakit akibat fibromyalgia akan menyebabkan penderita sulit tidur sehingga akan memicu kelelahan.

§  Sakit kepala.

§  Gangguan kognitif, misalnya sulit berkonsentrasi atau mengingat sesuatu.

§  Depresi.

§  Kecemasan.

§  Kram perut.

§  Sindrom iritasi usus.

§  Haid disertai nyeri yang parah.

§  Kepanasan atau kedinginan. Gejala ini terjadi karena penderita tidak mampu mengatur temperatur tubuh.

Keparahan gejala fibromyalgia umumnya berbeda-beda pada tiap penderita. Perbedaan ini bisa dipicu oleh tingkat stres yang dialami oleh penderita, banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh penderita, serta perubahan cuaca.



Penyebab dan Faktor Risiko Fibromyalgia

Penyebab di balik fibromyalgia belum diketahui secara pasti, tetapi para pakar menduga ada sejumlah faktor yang bisa memicu kondisi ini. Faktor-faktor pemicu tersebut adalah:

§  Usia. Kondisi ini umumnya dialami oleh orang-orang yang berusia 30-50 tahun.

§  Jenis kelamin. Wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami fibromyalgia dibandingkan pria.

§  Kadar abnormal pada senyawa-senyawa dalam sistem saraf pusat. Perubahan ini dapat menyebabkan reaksi sistem saraf pusat yang lebih sensitif terhadap sinyal-sinyal rasa sakit.

§  Faktor keturunan. Risiko seseorang untuk mengalami fibromyalgia bisa meningkat jika memiliki anggota keluarga yang menderita kondisi sama.

§  Trauma fisik atau emosional, misalnya mengalami cedera, menjalani operasi, menderita infeksi virus, atau mengalami kejadian traumatis.

§  Senyawa kimia dalam otak yang tidak seimbang, seperti serotonin atau dopamin.

§  Gangguan tidur. Penderita insomnia berpotensi memiliki sensitivitas yang lebih tinggi terhadap rasa sakit.

§  Penyakit yang berhubungan dengan sendi, otot, dan tulang. Misalnya, lupus, rheumatoid arthritis, atau osteoarthritis.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved