Apa Kepribadian Introvert yang Sebenarnya

Tanggal: 23 Nov 2017 19:55 wib.
Tampang.con - Sebelum kita bahas tentang kepribadian Introvert perlu kita apa sebenarnya arti kepribadian Introvert itu.  Lalu apakah sebenarnya introvert itu?

Introvert pada dasarnya merujuk pada jenis kepribadian seseorang yang merupakan lawan dari ekstrovert. Dengan kata lain, kepribadian akan menentukan definisi kenyamanan. Nyaman bagi orang ekstrovert belum tentu nyaman bagi orang introvert.

Introvert adalah orang yang berorientasi  ke ‘dalam’ diri mereka sendiri (inward thinking). Mereka tertarik pada dunia ide, pemikiran, dan konsep sehingga orang-orang  introvert sangat menyukai suasana tenang untuk menyendiri untuk berpikir ataupun beraktivitas. Orang introvert mengisi energinya dengan menyendiri.

Sedang kebalikannya Ekstrovert adalah orang-orang yang kepribadiannya sangat bertolak belakang dengan orang introvert karena mereka adalah orang-orang yang berorientasi ke ‘luar’ diri mereka (outward thinking).Ciri dari orang ekstrovert adalah outgoing, pandai bersosialisasi, dan senang mengobrol.  

Ada anggapan yang berkembang di masyarakat bahwa introvert adalah sebutan bagi mereka yang penyendiri dan pemalu. Padahal, anggapan tersebut tidak selalu benar.

Tipe kepribadian introvert mungkin terlihat pemalu karena cenderung memproses sesuatu secara internal dan berpikir dahulu sebelum bicara. Orang introvert cenderung lebih banyak menggunakan lobus frontalis, yaitu bagian otak yang bertugas merencanakan, memikirkan penyelesaian masalah, serta mengingat.

kepribadian Introvert dibedakan ke dalam empat tipe ini. Berikut 4 jenis kepribadian introvert menurut penelitian.

Social Introvert

yang masuk ke dalam golongan ini memiliki tanda-tanda lebih menyukai grup kecil yang terdiri atas beberapa orang saja ketimbang grup gede. Bisa dibilang, ini tanda paling umum seorang introvert.

Kita lebih suka berbaur dalam grup kecil bukan karena memiliki rasa cemas di kebidupan sosial, ini keinginan natural yang kita miliki.

Thinking Introvert

Tipe ini menunjukkan kita suka banget bermimpi atau melamun alias daydreamer. Namun, kebiasaan ini mengasah kreativitas kita. Jika dibiarkan, kita bisa melamun dan tenggelam dalam pikiran kita sepanjang hari.

Anxious Introvert

Tipe ini mencoba bersosialisasi di grup kecil adalah untuk mengatasi social anxiety yang dimilikinya. Kita yang masuk ke kelompok ini suka merasa gugup di depan publik, dan bahkan ketika sendiri pun belum tentu rasa cemas ini bisa pergi. Bahkan, sudah merasa cemas ketika memikirkan kehidupan sosial di masa depan.

Restrained Introvert

Pemilik tipe ini sering merasa terpinggirkan. Kita termasuk seseorang yang sering curiga dan terlalu membentengi diri. Biasanya hanya akan ngomong jika ada maunya dan cenderung pendiam. Tapi, kita juga sosok yang tenang dan bisa memahami situasi untuk mencari jalan keluar yang pas.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved