Ampuh Obati Sariawan dengan 4 Bahan Dapur Ini

Tanggal: 2 Okt 2017 13:40 wib.
Sariawan merupakan masalah kesehatan yang membuat mulut menjadi perih dan pastinya membuat tidak nyaman saat berbicara maupun makan. Munculnya sariawan bisa menandakan jika sistem kekebalan tubuh yang lemah, luka, stres maupun kebersihan mulut yang tidak diperhatikan. Sariawan memang akan hilang sendiri setelah beberapa hari tapi lebih baik jika segera diobati agar proses penyembuhan lebih cepat dan mencegah infeksi. Beberapa bahan dapur yang ampuh menyembuhkan sariawan antara lain :

1. Biji Jeruk Bali

Biji jeruk bali merupakan ekstrak alami yang memiliki antibiotik kuat yang mampu menghancurkan kuman dalam mulut yang memprovokasi infeksi pada mulut sehingga timbul sariawan. Antioksidan dan senyawa disinfektan yang ada pada biji jeruk bali mampu melindungi kulit yang terluka sambil mengurangi peradangan serta mencegah bau saat sariawan.

2. Kunyit

Kunyit yang dibuat menjadi pasta dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi sariawan dan masalah kesehatan mulut yang lain. Akar kunyit mengandung zat aktif yang dikenal sebagai kurkumin. Bukan hanya warnanya yang khas, kunyit juga memiliki khasiat antiinflamasi dan antibiotik yang bagus. Cara menggunakannya yaitu ambil sedikit kunyit bubuk kemudian basahi dengan sedikit air dan oleskan pasta pada luka. Diamkan selama dua hingga tiga menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan secara rutin 2-3 kali sehari.

3. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan bakteri yang mampu mencegah infeksi mulut jika dioleskan secara langsung. Senyawa Alicin pada bawang putih dapat membantu mengurangi radang pada luka dan meningkatkan aktivitas seluler yang mampu membantu penyembuhan agar lebih cepat. Cara menggunakannya yaitu haluskan bawang putih hingga berbentuk pasta lalu gosokkan diatas luka 2-3 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang mampu membantu mengatur pH mukosa di mulut. Yogurt mampu mengurangi yingkat keasaman dan menigkatkan adanya bakteri sehat di mulut. Mengoleskan yogurt alami dapat meningkatkan keadaan kulit yang terkena sariawan serta mencegah timbulnya infeksi.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved