9 Manfaat Buah Mentimun Bagi Kesehatan

Tanggal: 21 Mar 2018 03:00 wib.
Mentimun memiliki banyak varietas tapi pada umumnya mentimun sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Mentimun biasanya dikonsumsi sebagai lalapan, pelengkap menu makanan sehari-hari. Tapi mungkin belum banyak yang tahu bahwa mengkonsumsi mentimun juga memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti yang diulas di bawah ini.

1. Mengontrol tekanan darah tinggi

Bagi Sobat yang mengalami tekanan darah tinggi dapat mencoba mengkonsumsi jus mentimun atau mengkonsumsi mentimun langsung. Kandungan kalium, magnesium dan serat alami yang terdapat pada mentimun berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

 

2. Memperlancar pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada mentimun terbukti dapat memperlancar pencernaan. Mengkonsumsi mentimun secara teratur dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti gastritis, maag, perut mulas atau konstipasi (kondisi susah buang air besar).

 

3. Kesehatan ginjal

Mentimun ternyata juga mampu menjaga kesehatan ginjal dan kantung kemih. Kandungan air pada mentimun membantu kinerja ginjal dalam memproduksi urine (urinasi).

 

4. Menurunkan kadar gula dalam darah

Mengkonsumsi mentimun baik bagi penderita diabetes karena mentimun mengandung mineral mangan yang bermanfaat selama proses sintesa hormon insulin dalam tubuh. 

 

5. Menurunkan kadar kolesterol

Bagi Sobat yang memiliki kolesterol tinggi ada baiknya mulai rutin mengkonsumsi mentimun. Di dalam buah mentimun terkandung senyawa sterol yang berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. 

 

6. Meningkatkan daya tahan tubuh & mencegah dehidrasi

Vitamin C pada mentimun berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit baik karena perubahan cuaca atau lainnya. Kandungan air pada mentimun juga mampu mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

 

7. Mencegah kanker

Mentimun mengandung lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol. Ketiga kandungan tersebut sangat berperan dalam menghambat pertumbuhan kanker antara lain kanker usus, kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat. Ingin mengetahui makanan yang dapat mencegah kanker lainnya? Simak Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan.

 

8. Menjaga kesehatan mata

Mungkin Sobat hanya mengetahui kalau wortel lah makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Ternyata mentimun juga bermanfaat bagi mata karena mentimun juga mengandung vitamin A. Meletakkan irisan mentimun pada kelopak mata juga mampu merelaksasi otot dan saraf mata sehingga mata tidak mudah lelah yang dapat memicu penurunan kesehatan mata itu sendiri. Selain itu, mengkonsumsi mentimun juga dapat mencegah retensi air yang dapat memicu pembengkakan di sekitar mata.

 

9. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Kandungan serat dan sifat mentimun yang dingin dapat mengatasi masalah peradangan termasuk radang gusi. Mengkonsumsi mentimun dapat meningkatkan produksi air liur dan menetralisir asam dan basa di dalam rongga mulut sehingga gigi dan gusi tidak mudah terserang penyakit.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved