7 Hal yang dapat Membahayakan Otakmu

Tanggal: 16 Sep 2017 12:07 wib.
Sama seperti organ tubuh kita yang lain, otak kita bisa rusak karena berbagai faktor.

Berikut adalah kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada otak Anda.

1. Terlalu banyak gula

Menurut penelitian, sejumlah besar gula mempengaruhi faktor neurotropik otak, atau BDNF, yang bertanggung jawab untuk produksi neuron. Secara khusus, BDNF sangat penting untuk pembentukan ingatan dan pembelajaran jangka panjang.

2. Kurangnya latihan otak

Menurut para ilmuwan, puncak produktivitas otak dicapai pada 16-25 tahun, setelah itu perlahan menurun. Namun, penelitian ekstensif telah menunjukkan bahwa latihan otak secara teratur (membaca, memecahkan teka-teki) dapat memperbaiki kinerjanya secara signifikan, bahkan pada orang-orang yang memiliki tanda-tanda pertama demensia pikun.

3. Melewatkan sarapan

Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang sarapan pagi secara teratur memiliki performa yang jauh lebih baik di sekolah, terutama di bidang sains. Melewatkan sarapan menyebabkan penurunan kadar glukosa darah, yang, pada gilirannya, berdampak negatif pada fungsi otak.

4. Junk food

Terlalu banyak makanan cepat saji dalam makanan dan makan berlebihan secara negatif mempengaruhi koneksi antara sel otak dan mempengaruhi pembentukan ingatan jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak makanan cepat saji dapat menyebabkan depresi.

5. Es krim

Setiap makanan dingin, termasuk es krim, bisa menyebabkan sakit kepala mendadak. Dipercaya bahwa makanan dingin menyempitkan pembuluh darah. Tubuh, mencoba mencegah hipotermia, mengirimkan darah hangat ke otak, yang, pada gilirannya, melebarkan pembuluh darah. Hal ini yang menyebabkan sakit kepala.

6. Ponsel

Sebuah studi pada tikus menunjukkan adanya hubungan antara kanker otak dan penggunaan ponsel. Namun, sebaiknya Anda tidak membuang smartphone Anda. Sebagai gantinya, dokter menyarankan Anda untuk menggunakan speaker atau headset untuk berbicara dan tidak meletakkan telepon di dekat bantal saat Anda tidur.

7. Dehidrasi

Seperti yang Anda tahu, otak manusia adalah 70-80% air. Selain itu, air bertanggung jawab atas penyampaian zat yang dibutuhkan ke otak. Otak bekerja paling efektif bila tidak kekurangan H2O.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved