7 Gejala Kanker yang Wajib Kamu Ketahui

Tanggal: 4 Feb 2018 20:13 wib.
Tampang.com - Hingga kini, penyakit kanker masih menjadi salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia. Kanker ini terjadi akibat tidak normalnya pertumbuhan sel jaringan tubuh sehingga muncullah sel kanker.

Seperti diketahui, kanker ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari balita hingga lanjut usia. Kebanyakan pasien tidak menyadari bahwa dirinya telah terserang kanker. Oleh karena itu, perlulah kita mengetahui gejala-gejala awal dari penyakit kanker ini.

Dengan mengetahui sejak awal, maka kemungkinan terobati akan menjadi lebih besar. Ada beberapa tanda yang dapat kamu lihat, yang dapat menjadi gejala awal dari kanker. Seperti dikutip dari laman Thehealthsite berikut.

1. Luka yang tidak kunjung sembuh

Jika anda mengalami luka dan tidak sembuh selama lebih dari tiga bulan dan luka tersebut, serta ada nodul merah, bercak kasar, dan bersisik yang disertai dengan pendarahan adalah tanda dari kanker kulit.

2. Perubahan saat buang air besar

Saat anda buang air besar secara sehat dan teratur, namun tiba-tiba mendadak tidak teratur bahkan dari frekuensi, kontipasi, diare, perubahan bentuk atau warna, rektum ini bisa saja ini salah satu tanda Anda terkena kanker kolorektal atau usus.

3. Terjadi benjolan di payudara atau tempat lain

Benjolan di payudara dan testis menandakan adanya kanker payudara. Namun tidak semua benjolan yang bersifat kanker. Nah jika terdapat benjolan disekitar tubuh ada baiknya Anda menemui dokter.

4. Gangguan pencernaan dan kesulitan menelan

Jika tenggorokan sakit saat menelan makanan dan gangguan pada pencernaan secara terus menerus sebaiknya Anda harus mengunjungi dokter, karena boleh jadi itu adalah tanda Anda terkena kanker mulut, kerongkongan. perut atau tenggorokan.

5. Pendarahan yang tidak biasa

Umumnya pendarahan yang terjadi adalah pada payudara yang dapat diindikasikan sebagai kanker payudara. Kanker payudara tidak hanya terjadi pada wanita tapi juga dapat terjadi pada pria. Pendarahan yang tidak biasa juga dapat terjadi pada kandung kemih, vagina atau rektum yang mana tanda ini merupakan tanda dari kanker kolorektal, servik, atau prostat.

6. Perubahan pada kutil atau tahi lalat

Moles atau tahi lalat yang mengalami perubahan dari segi warna dan ukuran harus segera di bawa ke spesialis, karena perubahan yang seperti ini adalah salah satu indikasi dari kanker kulit.

7. Serak Secara Tiba-Tiba

Jika biasanya suara Anda tidak pernah serak namun serak secara tiba-tiba itu dapat disebabkan oleh beberapa alasan salah satunya batuk. Jika suara serak tersebut tidak hilang selama empat minggu bisa jadi ini adalah tanda dari kanker paru-paru.

Jika kamu mengalami gejala diatas, tak ada salahnya untuk mencoba mengecek kesehatan tubuh ke dokter, sehingga dapat cepat teratasi apabila gejala tersebut memang awal dari kanker yang menyerang.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved