7 Cara Atasi Bau Badan Secara Alami dan Mudah

Tanggal: 9 Mar 2018 21:20 wib.
Tampang.com - Bau badan merupakan masalah kesehatan kulit yang pastinya sangat mengganggu. Bukan hanya mengganggu kenyamanan diri sendiri, tetap juga mengganggu kenyamanan orang lain di sekitar kita. Untuk itu, jika kamu memiliki  masalah bau badan, jangan biarkan berlama-lama menempel pada tubuhmu. Atasi bau badanmu dengan cara-cara alami seperti berikut yang selain mudah juga tidak membutuhkan biaya mahal, hanya memerlukan ketelatenanmu untuk mengobatinya.

1. Daun sirih

Terdapatnya kandungan antioksidan yang tinggi didalam daun sirih membuat daun sirih sangat bisa andalkan untuk mengatasi masalah kesehatanmu. Beberapa kandungan baik didalam daun sirih, ialah karoten, riboflavin, niacin, tiamin, dan vitamin C. Dan kandungan-kandungan inilah yang memiliki manfaat yang cukup bisa diandalkan untuk mengatasi bau badan. Berikut adalah caranya.


Silahkan siapkan sebanyak beberapa lembar daun sirih segar, lalu bersihkan.
Setelah itu silahkan kamu rebus dengan 2 gelas air.
Selanjutnya campurkanlah kedalam bak mandi kamu, atau juga bisa campurkan dengan air baskom untuk mandi.
Terapkan cara ini secara rutin pada setiap harinya.


2. Daun beluntas

Daun beluntas merupakan sebuah tanaman kecil yang sering kali ditemui di pinggir pantai. Selain itu daun beluntas ini juga sangat mudah untuk tumbuh, tanpa harus melakukan perawata. Didalam daun ini terkandung beberapa senyawa yang bisa membantu untuk mengatasi bau badan menyengat. Diantaranya yaitu vitamin c, vitamin a, asam amino, tanin, falovonoid, natrium, lemak, magnesium, kalsium, fosfor, minyak atsiri, dan alkaloid. Berikut adalah cara pengolahannya.


Siapkan daun beluntas secukupnya.
Kemudian silahkan rebus hingga mendidih.
Lalu minumlah air rebusan ini secara rutin, yakni sebanyak 2 kali didalam seharinya.


3. Daun kemangi

Kandungan minyak atsiri yang bermanfaat didalam daun kemangi dipercara ampuh untuk mengatasi masalah bau badan yang dialami oleh seseorang. Selain itu didalam daun kemangi juga terdapat kandungan yang bersifat antiseptik yang dapat melawan kuman penyebab bau badan. Berikut adalah cara pengaplikasiannya.


Siapkan daun kemangi secukupnya.
Lalu silahkan olah sebagai lalapan.
Dan silahkan konsumsi lalapan daun kemangi ini sebanyak dua kali sehari.
Paling tidak segenggam daun kemangi.
Selain lalapan kamu juga dapat mengolahnya sebagai teh. Dengan cara sebagai berikut :
Siapkan daun kemangi secukupnya.
Lalu silahkan jemur atau oven hingga kering.
Setelah itu, silahkan tumbuk atau halusnya daun kemangi yang sudah kering.
Dan silahkan seduh dengan air panas, saring dan hidangkan.
Konsumsi teh ini sebanyak 2 kali sehari.


4. Temulawak

Temulawak mengandung minyak atsiri dan juga beberapa zat lainnya yang cukup efektif untuk menghilangkan bau badan menyengat. Beberapa zat tersebut ialah flavanoid dan juga sapomin. Berikut adalah cara pengolahannya untuk hilangkan bau badan.


Siapkan temulawak secukupnya.
Lalu silahkan parut hingga halus.
Berikutnya silahkan beri sedikit air, dan peras airnya.
Tambahkan sebanyak 1 sendok teh madu, dan silahkan minum campuran ini.


5. Bunga kecombrang

Tak hanya pada daun sirih, bunga kecombrang juga memiliki kandungan antioksidan yang kaya. Serta zat-zat lainnya seperti vitamin, antimikroba, polifenol, streoid, glikosa, triterpenoid, tanin, alkaloid, flavanoid, fenolik, dan juga saponin. Dimana zat-zat inilah yang berfungsi untuk mengatasi bau badan yang tak sedap. Berikut adalah cara pengolahannya.


Silahkan tumbuk kasar bunga kecombrang beserta dengan batangnya.
Selanjutnya gunakan kedua bagian ini sebagai sabun disaat mandi.
Terapkan cara ini pada setiap kali kamu mandi.


6. Jeruk purut

Salah satu kelebihan dari jeruk purut ialah karna manfaatnya yang kaya. Walaupun rasanya asam, namun jeruk purut memiliki berbagai macam kandungan yang berkhasiat untuk tubuh. Salah satunya untuk membasmi bau badan. Kandungan-kandungan yang berperan penting untuk atasi bau badan diantaranya yaitu, kalsium, sodium, zat besi, kalori, vitamin c, a, karbohidrat gula dan juga serat. Berikut adalah cara pengolahannya untuk basmi bau badan.


Siapkan 1 buah jeruk purut.
Lalu peras airnya.
Berikutnya campurkan dengan segelas air.
Dan minumlah ramuan ini sebanyak 2 kali didalam sehari secara rutin.


7. Jeruk nipis

Selain jeruk purut yang kaya manfaat, kamu juga bisa mengurangi bau badan dengan bantuan jeruk nipis. Didalam jeruk nipis terkandung beberapa zat penting untuk tubuh. Seperti kalori, serat, macronutrients, kalsium, kalium, dan asam sitrat. Berikut adalah cara pengolahannya.


Siapkan 1 buah jeruk nipis.
Belah menjadi 2.
Selanjutnya silahkan kamu oleskan pada ketiak, seperti deodoran.
Lakukan secara rutin pada setiap harinya.


 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved