6 Jenis Makanan Berikut Dapat Sebabkan Otak Menjadi Kurang Fokus

Tanggal: 1 Jul 2018 18:32 wib.
Apakah Anda pernah mendengar ungkapan “you are what you eat” yang artinya kamu adalah apa yang kamu makan. Pernyataan ini ada benarnya jika dikaitkan dengan pola makan, sebab saat Anda makan sehat maka tentu tubuh Anda juga akan sehat. Sebaliknya jika yang Anda makan tidak sehat, maka Anda akan mudah diserang penyakit. Bahkan bukan hanya itu, ada beberapa makanan yang dapat mempengaruhi kinerja otak, hingga menyebabkan kebodohan saat memakannya. Tidak heran jika kita mengonsumsi makanan yang tidak sehat dengan mudahnya kehilangan fokus saat mengerjakan sesuatu pekerjaan terlebih pekerjaan yang membutuhkan energy dan konsentrasi yang tinggi. Berikut daftar makanan dan minuman yang dapat membuat otak mudah kehilangan fokus.


Alkohol


 Alkohol merupakan minuman yang sebenarnya bukan rahasia lagi dapat merugikan kesehatan. Alkohol dapat merusak sel-sel pada jaringan otak, termasuk penyimpangan pada kinerja otak seperi kurang fokus. Apalagi jika Anda meminum alcohol dalam jumlah yang banyak serta berkelanjutan.


Junk food


Junk food memang enak tetapi tidak baik kesehatan. Di sekitar kita ada begitu banyak junk food seperti burger, kentang goring, kfc dan sejenisnya yang dapat merugikan kesehatan termasuk perubahan pada susasana hati.


Gula yang berlebihan


Mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan dapat mengganggu belajar serta menghafal Anda.


Gorengan


Siapa yang tidak tahu gorengan atau tidak pernah makan gorengan? Jajanan yang paling mudah ditemukan dipinggir jalanan di Indonesia ini harus diakui rasanya gurih dan disukai oleh banyak orang, serta harganya pun murah. Namun, rasanya yang enak ternyata tidak seimbangan dengan manfaat yang didapatkan tubuh ketika mengonsumsinya. Justru mengonsumsi gorengan dalam jumlah yang banyak dapat menimbulkan masalah kesehatan karena mengandung banyak kolesterol yang kemudian menimbulkan deposito  pada arteri yang memasok darah pada otak. Karena kurangnya suplai darah akhirnya menyebabkan terjadinya stroke.


Makanan olahan


Anda yang pernah merantau dan tinggal di kos pasti sangat familiar dengan berbagai makanan olahan yang dikemas dalam plastic ataupun kaleng seperti mie instan, ikan kaleng, dan sebagainya. Rasanya memang enak, namun percayalah makanan olahan semacam itu tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi makanan olahan secara berlebihan dapat berdampak pada kesehatan. Dimana mengonsumsi makanan olahan dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.


Nikotin


Tidak sedikit orang Indonesia yang sudah kecanduan pada rokok dan tanpa disadari bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit-penyakit serius seperti kanker, hipertensi, dan sebagainya.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved