5 Tips Kesehatan yang Aneh Tapi Jitu

Tanggal: 21 Agu 2017 21:55 wib.
Banyak metode untuk meningkatkan kesehatan Anda dengan cukup mudah: menurunkan berat badan, kurangi makan dan berolahraga lebih banyak. Banyak orang melakukan hal ini untuk meningkatkan energi Anda, agar tidur lebih nyenyak, dan mencegah dehidrasi.

Akan tetapi mungkin 5 tips kesehatan ini akan terdengar sangat gila!

Minum kopi untuk tidur nyenyak

Dalam sebuah penelitian di Jepang yang meneliti bagaimana mendapatkan tidur siang yang paling banyak, orang-orang yang mengkonsumsi kopi sekitar 200 miligram kafein (jumlah dalam satu sampai dua cangkir kopi) dan kemudian segera beristirahat 20 menit, mereka lebih waspada dan tampil lebih baik dalam tes komputer dibanding mereka yang hanya tidur siang.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Tidur selama 20 menit dengan efek kafein yang membersihkan otak dari molekul yang disebut adenosine, memaksimalkan kewaspadaan. "Adenosin adalah produk sampingan aktivitas tubuh ketika terjaga," kata Allen Towfigh, MD, direktur medis New York Neurology & Sleep Medicine. "Karena kadar adenosin meningkat, kita menjadi lebih lelah. Tidur membersihkan adenosin dan, bila dikombinasikan dengan kafein, adenosine-blocker, selanjutnya mengurangi efeknya dan menguatkan efek tidur siang."

Untuk gigi sehat, jangan sikat setelah makan

Jangan segera menyikat gigi setelah makan dan minum, terutama jika mengandung asam. Makanan asam-buah sitrus, minuman olahraga, tomat, soda (diet dan teratur) -dapat mengikis email gigi "seperti batu pasir basah," kata Howard R. Gamble, mantan presiden Akademi Kedokteran Gigi Umum. Menyikat gigi pada tahap ini dapat mempercepat efek asam pada email Anda dan mengikis lapisan di bawahnya. Gamble menyarankan menunggu 30 sampai 60 menit sebelum menyikat gigi.

Untuk makan yang lebih sedikit, makanlah lebih banyak

Makan paket camilan 100 kalori mungkin tampak bajik, tapi hal ini justru cenderung membuat Anda lebih lapar daripada jika Anda makan sesuatu yang lebih substansial, kata Amy Goodson, RD, ahli diet untuk Kesehatan Texas Ben Hogan Sports Medicine. "Mengonsumsi sejumlah kecil karbohidrat hanya akan membuat Anda menginginkan lebih banyak karbohidrat." Goodson merekomendasikan memilih protein seperti selai kacang atau keju dengan apel. "Mereka lebih tinggi kalori per porsi, tapi protein dan lemak membantu Anda kenyang lebih cepat dan tetap kenyang lagi - dan Anda akhirnya makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan," katanya.

Jangan minum minuman energi saat Anda lelah

Minuman energi mengandung kafein lima kali lebih banyak daripada kopi, namun energi yang diberikannya cepat hilang dan disertai efek samping yang tidak menyenangkan seperti kegugupan, mudah tersinggung, dan detak jantung yang cepat, kata Goodson. Plus, minuman energi sering mengandung kadar taurin tinggi, stimulan sistem saraf pusat, dan lebih dari 50 gram gula per kaleng (dengan 13 sendok the!).

Minumlah air saat Anda kembung

Ketika Anda merasa kembung, air minum terdengar seolah hanya akan memperburuk keadaan, tapi seringkali bisa membantu, kata James Lee, MD, ahli gastroenterologi di Rumah Sakit St. Joseph di Orange, California. Jika Anda sedang menjalani diet serat tinggi, maka tubuh Anda membutuhkan lebih banyak air untuk bekerja lebih efisien, kata Dr. Lee. "Campuran air dengan serat larut air dan membuatnya menjadi seperti gel. Hal ini mengurangi gejala kembung." Minum lebih banyak air juga mengurangi kembung akibat dehidrasi. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved