5 Tanda Bahwa Hati Anda Penuh Racun

Tanggal: 18 Des 2017 10:59 wib.
Hati (liver) Anda adalah salah satu organ tubuh yang bekerja keras. Sebagai pembuang racun, hati juga mempunyai 500 fungsi lainnya yang tercantum dalam buku-buku kedokteran. Dilansir dari Bright Side, berikut tanda-tanda bahwa hati Anda perlu perhatian ekstra dari Anda.

1. Sakit di daerah hati

Merasa sakit di bagian kanan atas perut Anda adalah tanda bahwa hati Anda mungkin dalam masalah. Biasanya, ini adalah rasa sakit yang membosankan. Namun, pada saat itu menjadi cukup intens. Ingat bahwa pekerjaan hati adalah untuk mendetoksifikasi dan membantu tubuh menyaring limbah sekaligus membantu tubuh mencerna makanan menjadi produk nutrisi. Bila hati Anda terkena penyakit, ia tidak dapat beroperasi secara efisien, hati akan membengkak secara menyakitkan.

2. Berat badan bertambah

Setiap tahun, semakin banyak orang memulai diet sehat dan berolahraga, namun mereka tetap berjuang mengatasi masalah berat badan. Jika Anda mengalami kenaikan berat badan yang tampaknya tidak berasal dari makan berlebih atau kerusakan hormon, Anda mungkin perlu mendiskusikan fungsi hati yang tidak tepat dengan dokter Anda.

Apa yang terjadi adalah hati tidak dapat menangani semua racun yang masuk (alkohol, pemanis buatan, diet tinggi lemak, obat tertentu, dll).

3. Alergi

Sangat sering terjadi jika alergi diakibatkan oleh kelebihan beban dan hati yang bekerja lamban. Bila ada terlalu banyak zat memasuki aliran darah, otak mengenali mereka sebagai alergen dan melepaskan antibodi dan bahan kimia (histamin, dll), yang menyebabkan ruam gatal. Hati yang sehat, pada gilirannya, membersihkan dengan sempurna semua molekul berbahaya dan menghilangkan efek alergen potensial pada tubuh.

4. Kulit kuning dan mata kuning

Penyakit kuning itu sendiri bukanlah penyakit melainkan gejala kemungkinan malfungsi. Biasanya, penyakit kuning muncul saat hati yang sakit membuat sistem tersebut menumpuk terlalu banyak bilirubin - pigmen kuning yang dibentuk oleh pemecahan sel darah merah yang mati di hati. Coba tebak apa yang terjadi bila hati gagal menyingkirkan bilirubin seiring dengan sel darah merah tua? Betul. Kamu menjadi kuning.

5. Kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis yang menyerupai penyakit seperti flu yang berkepanjangan. Menurut definisi, Anda harus mengalami gejala setidaknya 6 bulan sebelum Anda dapat didiagnosis dengan kelelahan kronis. Alasan di balik ini adalah keracunan hati. Hati berkontribusi pada pasokan energi dalam tubuh.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu putus asa jika Anda melihat gejala gagal hati. Pertama, hati bisa sembuh sendiri. Berikan saja istirahat dari gaya hidup yang merusak. Ya, semudah itu. Membersihkan hati adalah semua tentang kebiasaan sehat. Para ilmuwan juga mengatakan ada sejumlah produk alami untuk meningkatkan kinerja hati. Jadi mulai sekarang, Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk berteman dengan teh hijau, kunyit atau air lemon, dan buah dan sayuran organik.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved