5 Manfaat Tidur Siang Untuk Kecantikan

Tanggal: 31 Mar 2018 14:04 wib.
Setelah jam makan siang biasanya saat itu rasa ngantuk mendatangi banyak orang dan muncul keinginan untuk tidur sejenak. Namun, untuk sebagian orang merasa kesulitan untuk tidur siang. Karena adanya stigma yang mengatakan bahwa orang yang suka tidur saat siang merupakan pemalas dan tidak produktif. Padahal stigma tersebut tidaklah sepenuhnya benar karena justru tidur siang yang tepat memiliki manfaat yang baik bagi tubuh menjadi segar kembali.

Tidak hanya dapat mengembalikan stamina dan kesegaran, tidur siang ternyata juga sangat bermanfaat untuk kecantikan diantaranya:

1. Mencegah penuaan dini

Setiap manusia pasti mengalami proses penuaan yang terlihat dari gejala-gelaja kulit yang mulai mengeriput terutama di area sekitar mulut dan hidung, kelopak mata bagian atas yang mulai menurun, munculnya noda dan flek di wajah, serta timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Namun jangan sampai kita menua sebelum waktunya alias penuaan dini yang disebabkan berbagai faktor seperti merokok, polusi, stres, atau gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mencegah penuaan dini salah satunya dengan melakukan tidur siang yang dapat membuat kulit awet muda dan menghilangkan stres seperti stres terhadap beban pekerjaan.  

2. Mengatasi jerawat 

Kehadiran jerawat terutama di bagian wajah sangat mengganggu penampilan yang pada akhirnya turut mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Salah satu cara termurah, termudah, dan terenak untuk menanggulangi jerawat adalah dengan tidur siang. Ketika tidur siang sel-sel tubuh kita akan beregenerasi dan energi tubuh akan dipulihkan sehingga sangat baik untuk memerangi jerawat membandel.

3. Meremajakan kulit 

Sel-sel tubuh kita perlu melakukan regenerasi untuk menggantikan sel-sel yang telah mati. Dan waktu yang tepat bagi sel untuk beregenerasi adalah ketika tidur, pada saat tubuh sedang beristirahat. Dengan melakukan tidur siang maka kita memberikan kesempatan tambahan bagi tubuh untuk melakukan regenerasi sel termasuk sel kulit sehingga sangat membantu dalam peremajaan kulit.  

4. Menyeimbangkan hormon 

Dalam tubuh kita ada berbagai hormon yang sangat berpengaruh bagi kesehatan dan kecantikan. Sehingga ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan timbulnya beberapa masalah kecantikan seperti jerawat yang sulit hilang dan kulit menjadi kemerahan. Dengan rutin tidur siang ternyata juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh sehingga menghindarkan kita dari berbagai masalah kecantikan.

5. Melangsingkan tubuh 

Wajah yang cantik rasanya masih kurang jika berat badan masih berlebih alias kegemukan. Sehingga tidak heran masih banyak orang yang mau melakukan berbagai hal untuk menurunkan berat badan mulai dari yang masuk akal seperti berolahraga dan diet hingga yang ekstrem seperti minum obat pelangsing yang tidak jelas hingga diet super ketat yang malah dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Padahal yang diinginkan adalah tubuh langsing yang sehat. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan rutin tidur siang sebelum jam 4 sore. Tidak perlu lama cukup 20-90 menit dalam sehari. Badan segar dan sehat, tubuh pun langsing.

Dapat kita lihat betapa bermanfaatnya tidur siang untuk merawat kecantikan. Daripada melakukan berbagai pengobatan mahal dan cara-cara ekstrem lebih baik mencoba tidur siang secara rutin. Tubuh sehat dan kecantikan pun terjaga. Tapi bukan berarti merawat kecantikan cukup dengan tidur siang saja. Konsumsi makanan yang sehat, olahraga, perawatan wajah setiap hari, serta menerapkan gaya hidup sehat tetap harus dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat dan cantik.

Tips Tidur Siang Yang Baik

Tidur siang harus dilakukan secara bijak, karena jika tidak maka bukannya manfaat yang diperoleh melainkan penyakit yang semakin menumpuk. Berikut adalah beberapa tips jika anda ingin tidur siang dan mendapatkan manfaat optimal dari proses tersebut.

Tidur siang singkat biasanya disarankan selama 20-30 menit untuk meningkatkan kewaspadaan jangka pendek. Jenis tidur siang ini akan memberikan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja tanpa mengganggu jam tidur di malam hari. Usahakan jangan melakukan tidur siang sebelum jam 12 siang
Pastikan tempat tidur anda nyaman.  Pastikan suhu ruangan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan mengambil tidur siang terlambat (biasanya sudah sore) karena akan mengganggu pola tidur di malam hari. Karena kualitas dan manfaat tidur di malam hari juga jauh lebih baik.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved