5 Kegiatan Ini Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Tanggal: 7 Sep 2017 00:04 wib.
Makan adalah kebutuhan pokok kita sehari- hari. Jika kita tidak makan, maka tubuh kita akan terasa lapar dan mungkin kondisi tubuh kita juga akan menurun. Tapi tahukah kalian beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan yang mungkin dapat mengganggu pencernaan dan mengganggu penyerapan nutrisi.

Dilansir dari davidwolfe.com, berikut 5 kegiatan yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan :
 1. Tidur

Tidur setelah makan akan menyebabkan perut bekerja sepanjang malam sehingga dapat menyebabkan perut tak nyaman, kembung, hingga pola tidur tak teratur.
Studi di Universitas Ioannina Medical School menyebutkan orang yang menunggu beberapa jam setelah makan sebelum tidur akan mengurangi resiko terkena stroke.


2. Merokok

Hal ini masih sering dilakukan banyak orang padahal nikotin di rokok mengikat kelebihan oksigen yang dibutuhkan untuk pencernaan. Ini menyebabkan tubuh menyerap lebih banyak karsinogen dari kondisi normal.


3.Mandi

Saat mandi, tubuh meningkatkan aliran darah ke bagian tangan, kaki, dan tubuh serta menurunkan pasokan aliran darah ke bagian perut. Hal ini melemahkan sistem pencernaan dan menyebakannya bekerja tidak efisien sehingga dapat membuat sakit perut


4. Makan buah

Anda mungkin berpikir jika makan buah setelah makan sangat baik. Bahkan kita mengenal istilah cuci mulut dengan memakan buah. Tapi, sebenarnya waktu terbaik makan buah adalah saat perut kosong karena buah butuh enzim berbeda untuk dicerna. Gula sederhana di buah pun butuh waktu untuk diserap sepenuhnya oleh tubuh.
Dengan tidak ada apapun di perut Anda, manfaat semua nutrisi, serat, dan gula sederhana di buah dapat diserap.
Tapi jika dimakan setelah makan, buah akan tetap di perut dalam waktu lama dan membusuk dalam usus menyebabkan gangguan pencernaan, mulas, sendawa, dan ketidaknyamanan lainnya.


5. Minum teh

Minum teh setelah makan memang sangat nikmat, apalagi jika hangat- hangat. Padahal minum teh setelah makan dapat mengganggu penyerapan zat besi. Asam tannic di dalam teh mengikat protein dan zat besi pada makanan mencegah tubuh menyerap manfaat saat mencernanya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved