5 Ciri Tahi Lalat yang Berisiko Jadi Kanker Kulit

Tanggal: 30 Jul 2018 12:16 wib.
Tampang.com - Tahi lalat merupakan tanda yang ada pada tubuh dan bisa terletak di bagian manapun dan dengan jumlah tertentu. Tahi lalat dengan ukuran kecil tentunya tidak akan mengganggu penampilan apalagi jika terletak di tempat yang tersembunyi. Namun ada beberapa tahi lalat yang perlu di waspadai karena dapat berisiko berkembang menjadi kanker kulit. Berikut ini ciri tahi lalat yang dapat berisiko menjadi kanker kulit atau tidak.

1. Ukuran tahi lalat besar

Jika ada tahi lalat dengan ukuran besar pada tubuh apalagi jika semakin lama semakin membesar dan melebar ukuran diameternya dan lebih dari 6 mm maka sebaiknya perlu waspada karena berpotensi merupakan melanoma.

2. Tahi lalat tersa sakit atau gatal

Jika tahi lalat yang ada pada tubuh menimbulkan efek sakit atau gatal maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Seharusnya tahi lalat yang mati tidak akan menimbulkan kanker dan tidak akan gejala seperti itu.



3. Bentuk tahi lalat asimetris

Bentuk tahi lalat yang simetris merupakan ciri dari tahi lalat jinak dan tidak akan berkembang menjadi tumor. Tapi jika bentuk tahi lalat tidak beraturan dan asimetris serta semakin membesar segeralah periksakan ke dokter.

4. Warna tahi lalat hitam gelap

Tahi lalat yang memiliki warna semakin gelap dari warna pada awalnya perlu dicurigai apalagi jika diikuti dengan semakin melebarnya ukuran tahi lalat. Jika ragu segera periksa apakah bisa berkembang menjadi kanker atau tidak.

5. Tahi lalat timbul diatas permukaan kulit

Tahi lalat yang mati pada umumnya tidak bisa berkembang menjadi tumor atau kanker. Tapi jika tahi lalat menonjol ke atas kulit dan menimbulkan rasa gatal serta semakin membesar bisa saja itu merupakan gejla melanoma.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved