5 Cara Alami untuk Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Tanggal: 23 Agu 2017 21:55 wib.
Sistem pencernaan yang sehat dan berfungsi baik sangat mendasar untuk menjaga kesehatan dan perasaan kita. Dengan mengetahui beberapa trik untuk menghilangkan (atau setidaknya sangat mengurangi) gejala, Anda dapat menghindari masalah perut dan mulai memperbaiki pencernaan Anda bahkan tanpa menyadari bahwa Anda telah melakukan perubahan yang signifikan.

1.Hilangkan terlalu banyak gula dan lemak

Terlalu banyak kalori dari makanan bergula, berlemak atau gorengan sulit dicerna. Makanan tersebut dapat mengiritasi perut Anda dengan memperlambat proses pencernaan, menciptakan perasaan yang sangat penuh dan tidak nyaman. Kelebihan gula membuat gula darah Anda naik, terlalu banyak gula dalam aliran darah menyebabkan terlalu banyak insulin dipompa keluar oleh pankreas untuk mengimbangi situasi ini. Kelebihan insulin juga menyebabkan penyimpanan ekstra kalori, berkontribusi pada penambahan berat badan.

Pilihlah lebih banyak buah dan sayuran segar, biji-bijian, atau kacang. Saat makan daging, carilah sesuatu yang lebih rendah lemak seperti ikan, unggas, daging sapi tanpa lemak. Ganti mentega dan margarin dengan minyak zaitun.

2.Minum cukup air

Menjadi cukup terhidrasi adalah kunci dalam proses pencernaan. Air membantu mempercepat waktu transit makanan melalui saluran pencernaan, dan mencegah sembelit dengan menciptakan tinja yang lebih lembut. Minumlah 9 sampai 13 gelas air setiap hari, sampai air kencing Anda tampak jernih.

3.Bergerak lebih banyak

Aktivitas fisik sangat penting untuk kesehatan pencernaan yang baik. Olahraga teratur meningkatkan aliran darah ke seluruh organ tubuh kita, termasuk saluran pencernaan. Ini merangsang dan mengencangkan otot di dalam perut dan usus, menjaga agar makanan bergerak cepat. Berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari tapi hindari latihan berat setelah makan.

4.Makan dengan lambat

Sistem pencernaan kita tidak suka diburu-buru. Luangkan waktu untuk mengkonsumsi makanan ringan atau makan memberi kesempatan pada perut untuk mencerna dan menyerap nutrisi dengan baik di dalam makanan. Ini juga memungkinkan tubuh dan otak Anda memberi sinyal kapan Anda sudah cukup kenyang. Matikan TV dan tahan melihat komputer atau smartphone Anda saat makan karena orang yang terganggu akan makan makanan yang jauh lebih banyak daripada saat mereka meletakkan fokus hanya saat makan.

5.Konsumsilah lebih banyak serat

Serat terdiri dari dua jenis, larut dan tidak larut. Serat yang larut larut dalam air dapat membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini juga memperlambat jumlah glukosa yang memasuki aliran darah, menjaga kadar gula darah pada tingkat yang lebih tinggi. Serat yang tidak larut melewati usus tanpa diserap, tapi dapat menciptakan gerakan usus yang lebih lembut, lebih besar, lebih mudah buang air besar, mengurangi sembelit dan nyeri.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved