15 Jenis Buah Ini Kaya Kolagen yang Bisa Bikin Awet Muda

Tanggal: 19 Des 2017 09:26 wib.
Anda ingin awet muda dengan cara yang simpel, serta murah meriah? Makan saja buah-buahan yang mengandung kolagen tinggi. Buah-buahan seperti apel, anggur, blueberry, jambu biji, pir, sirsak, jeruk, sawo, nanas, manggis, plum, strawberry, alpukat, apricot dan pisang ambon, kandungan kolagennya tinggi. Umumnya buah-buahan yang kolagennya tinggi, kandungan airnya juga tinggi.

Buah-buahan dengan kandungan kolagen tinggi banyak digunakan dalam perawatan kecantikan. Pasalnya, kolagen sangat dibutuhkan kulit untuk menjaga kekenyalan kulit serta menjaga kesehatan tulang. Kolagen juga membuat penampilan terlihat awet muda. Di samping kolagen, buah-buahan tersebut juga kaya kandungan vitamin C untuk antiperadangan dan antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat kolagen yang terdapat di dalam buah-buahan tersebut, maka sebaiknya dimakan langsung. Baik dimakan segar maupun dijadikan jus buah-buahan. Jika rutin makan buah maka kulit seseorang akan terlihat lebih kenyal, kencang, lembab dan awet muda. Sementara mereka yang jarang makan buah, maka kulitnya cenderung kering.

Dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan setiap hari, secara bervariasi seperti plum, anggur, apel, nanas, strawberry, pisang ambon, alpukat dan lain-lain. Konsumsi satu buah setiap hari akan memberikan manfaat bagi kulit maupun organ-organ tubuh yang lain sehingga kecantikan dan kesehatan terjaga.

Banyak orang yang makan buah-buahan setelah makan berat. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat. Buah-buahan ini sebaiknya dikonsumsi sebelum makan berat, misalnya setengah jam sebelum makan. Makan buah-buahan ini bisa dibarengi dengan makan sayur-sayuran.

Dengan makan buah terlebih dulu maka proses pencernaan dan metabolisme di dalam usus menjadi lebih baik. Jadi, efek atau manfaat buah-buahan untuk kulit dan tubuh akan diperoleh jika makan buah dalam keadaan perut kosong. Setelah buah-buahan dicerna, baru boleh makan berat, seperti nasi (karbohidrat) dan lauk-pauk.

Selain dimakan langsung, buah-buahan juga dapat dijadikan masker, baik masker untuk wajah maupun masker untuk seluruh tubuh. Dengan masker buah-buahan, maka kandungan kolagen dan vitamin akan meresap ke dalam kulit. Dianjurkan penggunaan masker tidak hanya untuk wajah, tetapi juga untuk seluruh tubuh. Terutama bagi mereka yang usianya sudah di atas 40 tahun dengan kondisi kulit yang kendur.

Buah-buahan yang bisa dijadikan masker di antaranya apel, anggur, blueberry, jambu biji, pir, sirsak, jeruk, sawo, nanas, manggis, plum, strawberry, pisang dan lain-lain. Cara membuat masker cukup mudah. Misalnya, untuk masker anggur maka anggur secukupnya dihancurkan. Setelah hancur, maka dapat diberi campuran minyak zaitun atau madu murni atau keduanya.

Campuran minyak zaitun dan madu murni ini akan membuat adonan masker lebih bagus dan masker buah bisa menempel pada kulit dengan bagus dan tidak rusak. Selanjutnya masker dioleskan pada seluruh wajah atau seluruh tubuh yang sudah dibersihkan terlebih dulu. Masker didiamkan menempel pada kulit selama 30-60 menit. Selanjutnya kulit dibersihkan dengan air hangat lalu dibasuh kembali dengan air dingin untuk menutup pori-pori kembali.

Dibandingkan dengan penggunaan masker buah, buah-buahan yang dikonsumsi secara oral atau langsung akan memberikan efek yang lebih baik bagi kulit dan keseluruhan tubuh. Sementara penggunaan masker buah saja hanya memberikan efek pada kulit.

Karena itu sebaiknya penggunaan masker buah-buahan diimbangi dengan konsumsi oral buah-buahan. Makan buah-buahan membantu proses metabolisme tubuh dari dalam. Sementara masker buah hanya memberikan efek lokal pada kulit yang ditempelkan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved