13 Manfaat Ikan Lele Jumbo Bagi Kesehatan

Tanggal: 23 Mar 2018 02:24 wib.
Ikan Lele Dumbo tentu anda sering mendengarnya. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan Lele yang banyak dibudidayakan karena ukurannya yang jumbo. Mungkin karena berukuran besar inilah akhirnya dijuluki Lele Dumbo. Dengan berbagai kandungan  baik saat memakan lele Dumbo bisa membawa banyak manfaat kesehatan seperti hal berikut:

1. Sebagai sumber protein

Berbagai jenis ikan terkenal akan kandungan proteinnya yang baik bagi kesehatan dan perkembangan tubuh. Hal ini berlaku pula pada lele dumbo sehingga mengonsumsi lele dumbo dapat memberikan asupan protein yang diperlukan oleh tubuh.

2. Sebagai sumber kalori

Selain itu, manfaat lele dumbo juga memiliki nilai kalori yang cukup tinggi sehingga dapat dijadikan tambahan sumber energi bagi tubuh selain sumber energi utama dari karbohidrat yang terdapat pada nasi, gandum, atau ubi. Dalam 1 kg lele dumbo terkandung sekitar 250 kilokalori.

3. Menghaluskan kulit

Kandungan vitamin C pada lele dumbo dapat membantu menjadikan kulit lebih halus dan lembab sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi jenis ikan air tawar ini.

4. Meningkatkan nafsu makan

Ikan lele dumbo terkenal akan rasanya yang gurih dan lezat. Apalagi jika dimasak dengan tambahan berbagai bumbu membuat olahan ikan ini kian menggugah selera sehingga dapat meningkatkan nafsu makan anda.

5. Menjaga kesehatan mata

Selama ini kita lebih mengenal buah-buahan seperti tomat dan wortel yang kaya akan vitamin A dalam menjaga kesehatan mata. Namun siapa sangka bahwa ternyata lele dumbo juga mengandung vitamin A sehingga juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata.

6. Menetralkan asam lambung

Produksi asam lambung berlebih atau naiknya asam lambung merupakan gangguan pencernaan yang cukup serius sehingga membuat penderitanya merasa nyeri pada ulu hati, sensasi rasa terbakar, serta mual. Mengonsumsi ikan lele dumbo dan sepiring nasi ternyata dapat membantu menetralkan gangguan asam lambung sehingga gejala-gejala tersebut bisa berangsur pulih.

7. Mengatasi insomnia

Konsumsi ikan lele dumbo juga membawa manfaat positif bagi pola tidur anda. Dengan mengonsumsinya dapat membantu mengaktifkan kelenjar pineal yang berperan membuat tidur lebih tenang dan lelap sehingga gangguan insomnia dapat diatasi.

8. Mengatasi stres

Rajin mengonsumsi lele dumbo juga dapat membantu mengaktifkan hormon serotonin yang merupakan hormon anti stres yang dipercaya dapat membuat perasaaan anda lebih senang dan nyaman.

9. Meningkatkan massa otot

Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan massa otot adalah protein hewani seperti yang terkandung pada ikan lele dumbo. Jika anda ingin memiliki bentuk tubuh yang bagus seperti para binaragawan maka ikan lele dumbo patut dimasukkan dalam menu makanan anda.

10. Meluruhkan LDL

Kita mengenal yang namanya kolesterol jahat atau LDL yang jika kadarnya di dalam tubuh lebih tinggi dari yang dibutuhkan maka akan berakibat buruk pada kesehatan. Kadar LDL yang berlebihan dapat menyumbat pembuluh darah arteri atau menyebabkan gangguan kardiovaskuler lainnya. Dengan konsumsi lele dumbo yang cukup dapat membantu meluruhkan kadar LDL dalam tubuh sehingga anda terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskuler.

11. Mengatasi tubuh meriang

Istilah meriang sebenarnya tidak merujuk pada penyakit tertentu tetapi lebih ditujukan pada kondisi kesehatan yang menunjukkan gejala-gejala seperti tenggorokan sakit, badan pegal, pilek, batuk, sakit kepala, dan lain sebagainya. Biasanya meriang menunjukkan kondisi kekebalan tubuh seseorang yang sedang lemah serta tidak bugar dan tidak fit. Konsumsi lele dumbo diketahui juga dapat membantu mengatasi meriang sehingga tubuh anda bugar dan fit kembali.

12. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan kekebalan tubuh yang baik akan mencegah kita terinfeksi berbagai penyakit karena seperti yang diketahui ada berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit yang ada di sekitar kita yang sewaktu-waktu bisa menyerang. Oleh karena itu yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti lele dumbo sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

13. Mengatasi penyakit jantung koroner

Terhambatnya aliran darah menuju jantung akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah merupakan gangguan kesehatan serius karena dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Untuk mencegah dan mengatasi hal ini salah satunya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti manfaat lele dumbo.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved