12 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Anda

Tanggal: 21 Mar 2018 08:52 wib.
Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata bawang putih? Apakah Anda hanya tentang aroma yang mengganggu pernafasan? Atau, ada manfaat lainnya? Ternyata, bawang putih sejak lama dikenal sebagai sebuah solusi alami untuk beragam persoalan kesehatan. 
 

1). Mengurangi gula darah

Pada dasarnya penderita diabetes memiliki batasan makanan dan minuman. Hal ini berkaitan dengan berbagai asupan yang bisa menaikan gula darah pada tubuh. Bawang putih ternyata bisa menurunkan kadar trigliserida pada tubuh dan kadar tinggi glukosa dalam darah. Bawang putih mengandung berbagai kandungan kompleks seperti allicin yang bisa mencegah kadar gula darah meningkat.

2). Mencegah penyakit kanker

Jika rahasia ini pasti sudah diketahui banyak orang. Kanker merupakan penyakit yang banyak ditakuti sehingga berpotensi menyebabkan kematian. Bawang putih dipercaya bisa mencegah penyakit kanker dan juga berpotensi terserang. Bawang putih mengandung bahan organosulfida yang bermanfaat untuk membantu hati dalam menghasilkan senyawa kimia yang mencegah kanker usus dan kanker perut berkurang. Potong tipis dan konsumsi atau potong tipis dan gunakan atau masukan kedalam makanan yang anda konsumsi agar bekerjanya lebih maksimal.

3). Bagus untuk kehamilan

Walaupun beberapa ibu agak berat mengonsumsi makanan ini, nyatanya bawang putih sangat baik untuk kehamilan. Beberapa ibu hamil bisa mengonsumsi bawang putih untuk mengurangi resiko kehamilan pre-eclampsia dan membantu meningkatkan berat badan bayi ketika dalam kandungan. Sehingga bayi tentu lebih sehat dan juga kuat. Kandungan kalsium berbagai vitamin dan juga antibakteri sangat baik untuk kehamilan.

4). Bagus untuk penderita anemia

Penderita anemia akan tersiksa jika terus berada pada tekanan darah rendah yang menyebabkan kepala pusing atau mudah sekali kehilangan kesadaran atau pingsan. Untuk penderita anemia kandungan bawang putih bisa memberikan nutrisi seperti vitamin B1, Vitamin C dan khususnya zat besi yang memang bisa mengurangi penderita anemia mengalami penurunan tekanan darah kambuhan.

5). Mengurangi penyakit reumatik

Bagi anda yang memiliki permasalahan reumatik, memang cukup sulit mencari obatnya. Terutama karena reumatik menyangkut mengenai sendi dan juga otot. Bawang putih bisa mengurangi sakit karena reumatik anda. cukup konsumsi secara rutin. karena bawang putih mengandung bahan seperti natrium dan zink yang penting untuk syaraf, otot dan juga sendi.

6). Melancarkan pencernaan

Kandungan allicin pada bawang putih ternyata bisa meredakan perut yang menghasilkan enzim yang membuat tubuh nyeri dan juga kembung. Selain itu, allicin pada bawang putih bisa merangsang dinding perut dan usus sehingga melancarkan pencernaan. Maka anda yang sulit buang air besar bisa memanfaatkan bawang putih sebagai bahan pelega perut. Konsumsi bawang putih dengan cara memasukan kedalam setiap makanan anda.

7). Obat untuk sakit pernafasan

Di daerah china dan yunani bawang putih dipercaya sebagai obat yang bisa meredakan sakit pernafasan khususnya bronkitis dan asma. Kandungan allicin bisa memberikan sensasi sedikit tajam pada bagian penciuman dan juga meredakan radang atau sakit yang ada pada paru-paru. Sehingga untuk yang memiliki gangguan pernafasan, bawang putih bisa meredakannya.

8). Merangsang sel saraf

Kenapa bawang putih sangat baik untuk penyembuhan. Terutama bagi anda yang mengalami penyakit berkaitan dengan saraf. Bawang putih mengandung senyawa saltivine yang bekerja untuk merangsang susunan sel saraf agar bekerja dengan baik.

9). Sumber stamina

Untuk anda yang mudah lelah, bawang putih bisa menjadi penguat stamina secara alami. Kebanyakan bahan instan memiliki kandungan kimia dan bisa berbahaya. Sedangkan bawang putih memang mengandung protein yang memberikan sumber stamina pada tubuh. Bagus juga untuk anda yang ingin pulih dari sakit.

10). Mengobati kolesterol

Allin dan allicin pada bawang putih bisa membantu anda yang memiliki penyakit kolesterol tinggi untuk dikurangi dengan bawang putih. Tubuh akan bermasalah jika memiliki kolesterol yang tinggi. Karena dengan kolesterol menyebabkan penyakit lain datang seperti halnya jantung dan juga darah tinggi.

11). Mencegah dan menyembuhkan flu

Bawang putih mengandung bahan yang berguna sebagai antibakteri dan anti jamur dan anti virus. Dengan begitu bagi anda yang sedang terserang flu, bawang putih bisa menyembuhkannya dengan baik. konsumsi bawang putih secara rutin, maka anda akan segar kembali dan virus influenza akan menghilang.

12). Mengobati sakit gigi

Bagi anda yang mengalami sakit gigi, terutama karena gigi yang bolong jangan khawatir. Berbagai bakteri bisa dihilangkan oleh bawang putih termasuk kuman dan bakteri pada gigi. Anda tinggal memotong kecil sekali bawang putih dan menyelipkannya pada gigi yang bolong. Sifat antibakteri bawang putih akan bekerja dan membunuh ulat kecil penyebab gigi sakit. Anda juga bisa berkumur dengan menggunakan air rebusan bawang putih. Cara ini sangat ampuh dan banyak digunakan masyarakat jaman dahulu di Indonesia.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved