11 Manfaat Daun Gelinggang Bagi Kesehatan

Tanggal: 21 Mar 2018 08:34 wib.
Mungkin sebagian dari Anda asing dengan daun gelinggang, bukan? Daun gelinggang atau sering disebut dengan ketepeng cina merupakan tanaman dengan buang berwarna kuning cerah yang seringkali ditanam sebagai tanaman hias. Selain itu, pada bagian daun tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kulit sehingga bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional. Dalam daun gelinggang mengandung Anthraquinones, glikosida, alkaloid, flavonoid, lektin, rhein, tanin, chrysoeriol, kaempferol, kuersetin dan beberapa kandungan lainnya yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh seperti ulasan lengkap tentang manfaat daun gelinggang berikut ini.


Mengatasi Penyakit Kulit


Air rebusan daun gelinggang bisa digunakan sebagai anti jamur dan anti mikroba sehingga sangat ampuh digunakan untuk solusi kecantikan kulit khususnya menyembuhkan penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit yang bisa diatasi dengan air rebusan ini adalah kurap karena mengandung sifat anti dermatophyte, candida albicans dan berbagai penyakit kulit lain.


Menurunkan Peradangan


Dalam daun gelinggang mengandung sifat anti inflamasi dan sumber antioksidantinggi yang sangat baik digunakan untuk menurunkan peradangan yang disebabkan oleh penyakit dalam maupun penyakit kulit.


Menurunkan Demam


Daun gelinggang juga memiliki sifat menurunkan demam sehingga ekstrak airnya bisa digunakan untuk mengatasi demam dengan cepat sekaligus digunakan sebagai demam malaria karena sifat anti malaria yang ada dalam daun ini.


Mengatasi Cacingan


Ekstrak dari daun ini juga sudah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional untuk mengatasi cacingan secara ampuh tanpa menimbulkan efek samping.


Anti Diabetes


Khasiat dari daun gelinggang berikutnya adalah bisa menurunkan gula darah sekaligus menghambat pencernaan karbohidrat sehingga pelepasan gula bisa diperlambat yang sangat membantu penderita diabetes.


Anti Tumor


Air rebusan daun gelinggang dapat digunakan juga sebagai solusi kanker ampuh seperti kanker usus besar, kanker kandung kemih dan beberapa jenis kanker lain karena mempunyai sifat anti tumor.


Mencegah Stres Oksidatif


Quercetin yang terkandung dalam daun gelinggang berfungsi sebagai antioksidan kuat yang bisa melindungi sel otak dari kerusakan stres oksidatif. Ekstrak daun ini akan melindungi otak dari toksisitas yang berkaitan dengan D galaktosa sehingga bisa mencegah berbagai gangguan pada otak seperti alzheimer, meningitis virus dan bakteri, demensia dan juga stroke.


Mencegah Gangguan Mulut, Gigi dan Gusi


Air rebusan daun gelinggang bisa digunakan untuk berkumur yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut sehingga bisa menyembuhkan sakit gigi berlubang, memutihkan gigi, infeksi gusi sekaligus mengatasi infeksi mukosa mulut.


Mengurangi Rasa Sakit


Minum air rebusan daun gelinggang yang mengandung quercetin ini juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari artitis, asam urat, rematik dan juga peradangan pada pilek, demam serta nyeri otot.


Menurunkan Tekanan Darah


Daun gelinggang yang dibuat menjadi teh bisa menjadi ramuan herbal untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah komplikasi yang berhubungan dengan penyakit. Selain itu, daun ini juga memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan dan zat vasodilatasi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.


Mencegah Asma


Daun ini juga berguna untuk mengurangi beberapa jumlah bahan kimia yang menimbulkan peradangan atau alergi dalam tubuh sehingga penting untuk mengurangi tingkat keparahan dari serangan asma.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved