Yuk, Kita Kenal Lebih Dekat Si Hijau Yang Banyak Jasanya!

Tanggal: 20 Feb 2018 23:54 wib.
Beberapa waktu lalu, aku ditanya oleh keponakanku, “Kalau misalnya di dunia ini tidak ada pohon, apa yang akan terjadi ya?” Yuk, kita simak hal apa saja yang mungkin akan terjadi:

Kita akan kesulitan bernafas

Pohon sangat berpengaruh besar pada kehidupan kita para makhluk hidup. Mengapa? Karena pohonlah penghasil oksigen, gas yang setiap hari, setiap jam, setiap menit, setiap detik kita hirup. Tanpa adanya oksigen tersebut, terbayangkah kalian jika tak ada lagi penghasil oksigen, apakah yang akan terjadi?

Udara akan tercemar.

Sebagai penghasil oksigen, pohon juga kemudian membersihkan udara yang ada di bumi dari partikel-partikel kotor. Jangan anggap remeh pohon-pohon yang ada di lingkungan sekitar, berkat merekalah kita dapat menghirup udara yang ‘layak’.

Kita akan kesulitan air bersih,

Pohon mungkin cukup terkenal dengan fungsinya dapat menghasilkan udara bersih. Ternyata bukan itu saja, pohon memiliki sistem filtrasi yang dapat menyimpan dan memproses pasokan air bersih yang dibutuhkan oleh kita.  Jika tidak ada pohon, kemungkinan kita juga akan kehilangan sumber air bersih.  

Kita akan kekurangan persediaan makanan

Bukan rahasia umum lagi jika pohon adalah penghasil makanan bagi manusia juga binatang. Berbagai buah, daun, hingga bunga yang berasal dari tanaman tertentu bisa kita konsumsi. Sebagai salah satu contoh adalah pohon pepaya. Buah, bunga, serta daunnya sudah sering kita makan bukan?

Banyak orang-orang yang sakit,

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa seorang pasien yang melihat pepohonan, akan dapat lebih mudah sembuh dibandingkan dengan pasien yang hanya diam di dalam ruangannya.

Akan mudah terjadi banjir dan tanah longsor.

Adanya pohon menyebabkan ketika hujan, air dapat tertahan dan hal ini lah yang mencegah terjadinya banjir. Di lereng-lereng yang terdapat pohon juga, tanahnya dapat dengan kokoh tertahan oleh akarnya ketika terkena hujan dan mencegah terjadinya longsor.

Binatang liar akan kehilangan tempat tinggalnya.

Pohon juga merupakan tempat tinggah bagi hewan-hewan. Terbayang, ketika tidak ada pohon ke mana hewan-hewan itu harus mencari tempat tinggal? Bukan tidak mungkin hal ini juga menyebabkan kepunahan mereka.

Ternyata pohon memegang peranan yang cukup penting ya dalam kehidupan kita. Baik untuk diri kita secara langsung maupun untuk lingkungan kita. Jika memang kita sayang diri dan lingkungan ini, apa yang bisa kita lakukan kemudian terhadap pohon-pohon yang ada ya?
Copyright © Tampang.com
All rights reserved