Wanita Spontan, Intuitif, dan Ekstrovert adalah Pemimpin yang Paling Kreatif

Tanggal: 18 Agu 2017 09:10 wib.
Tampang.com, Internasional - Menurut sebuah studi baru dari Universitas Vaasa, Finlandia, orang kreatif menginginkan pemimpin transformasional, terutama yang menggunakan motivasi dan stimulasi intelektual. Dimensi lain dari kepemimpinan transformasional mencakup kebutuhan individu, peragaan dan pemodelan.

Perusahaan perlu mencari dan merekrut orang dengan karakteristik kreatif, karena mereka juga merupakan pemimpin yang lebih transformasional.

Studi tersebut menunjukkan bahwa terutama wanita spontan serta wanita dan pria yang intuitif dan ekstrovert adalah pemimpin yang paling kreatif. Pemimpin wanita yang intuitif dan ekstravert adalah orang yang paling transformasional.

Inilah saatnya untuk mengubah pandangan kita tentang seperti apa pemimpin yang baik. Manajer tipe insinyur juga dibutuhkan, namun kekurangan kualitas yang dibutuhkan untuk memimpin inovator. Inilah salah satu kesimpulan disertasi doktoral Piia Uusi-Kakkuri di bidang manajemen.

"Dapat dimengerti bahwa orang-orang yang menghargai fakta dan praktik terbaik biasanya dipilih sebagai pemimpin. Mereka logis dan kompeten, yang menciptakan kepercayaan. Namun, telah ditemukan bahwa para pemimpin memiliki dampak besar pada kreativitas organisasi dan individu, dan sayangnya Manajer berorientasi tugas ini tidak unggul dalam hal ini, "kata Uusi-Kakkuri, yang akan mempertahankan disertasinya di Universitas Vaasa pada hari Jumat.

Uusi-Kakkuri menunjukkan bahwa kreativitas menuntut kebebasan dan keberanian untuk bereksperimen, mengajukan proposal dan membuat kesalahan. Seorang pemimpin yang mendukung kreativitas harus mengejutkan, memberi inspirasi dan menantang dengan cara yang positif.

"Mudah untuk berbicara tentang pentingnya inovasi dan mengatakan bahwa Anda mendukung kreativitas, padahal sebenarnya kebanyakan dari kita ingin menunjukkan kompetensi kita dengan menemukan kekurangan dalam gagasan, kritik dan tuntutan pembenaran yang lebih baik daripada ingin tahu dan mengerjakan gagasan, bahkan Bermain-main dengan mereka, bahkan jika ini tidak pernah mengarah ke mana-mana. "

Menurut Uusi-Kakkuri, inovator terus-menerus mengikuti gagasan mereka, namun tanpa dukungan mereka akan melakukan ini sebagai wirausahawan atau mencari tempat di mana mereka mendapat dukungan. Orang-orang kreatif juga bisa tinggal, tapi jika proposal mereka sebelumnya telah ditembak jatuh atau, dalam kasus terburuk, diremehkan, mereka tidak akan lagi membagikan gagasan mereka. Pemimpin seharusnya tidak membiarkan diri berpikir bahwa merekrut orang kreatif akan menjamin kesuksesan. Mereka membutuhkan dukungan, dan meningkatkan jumlah gagasan juga akan meningkatkan kemungkinan menemukan goresan kejeniusan yang paling menguntungkan.

Orang kreatif membutuhkan motivasi dan stimulasi intelektual

Terkadang diyakini bahwa orang-orang kreatif tidak membutuhkan kepemimpinan tapi kebebasan. Temuan disertasi tidak mendukung pernyataan ini. Orang kreatif menginginkan pemimpin transformasional, terutama orang yang menggunakan motivasi dan stimulasi intelektual. Dimensi lain dari kepemimpinan transformasional mencakup kebutuhan individu, peragaan dan pemodelan.

Pemimpin Finlandia masih memiliki banyak ruang untuk perbaikan di bidang stimulasi intelektual, kata Uusi-Kakkuri. Ini mungkin menjadi prioritas di sisi R & D, tapi kreativitas dibutuhkan di mana-mana. Siapapun bisa memiliki ide yang akan terbukti berperan dalam mengembangkan proses, produk atau cara mengorganisir kerja baru.

"Pemimpin harus berhenti, mempertanyakan tindakan mereka sendiri juga dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama: apakah kita menangani masalah sebenarnya, apakah ada cara lain untuk melakukan ini Mereka mencari ide, jangan mengkritik kesalahan atau pendapat yang berbeda" Uusi-Kakkuri Menekankan. Individu yang jenis perilaku dan kreativitasnya paling alami tidak selalu tertarik pada kepemimpinan saat mereka menyadari bahwa cara berpikir dan kebiasaan mereka yang abstrak menguraikan peluang dan gambaran besarnya bukanlah yang diharapkan oleh pemimpin.

Dimana menemukan pemimpin kreatif?

Apa yang bisa dilakukan perusahaan saat itu? Menurut Uusi-Kakkuri, mereka perlu mencari dan merekrut orang dengan karakteristik kreatif, karena mereka juga lebih banyak pemimpin transformasional. Analisis kepribadian dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengidentifikasi kreativitas.

Disertasi tersebut menunjukkan bahwa terutama wanita spontan serta wanita dan pria yang intuitif dan ekstrovert adalah pemimpin yang paling kreatif. Pemimpin wanita yang intuitif dan ekstravert adalah orang yang paling transformasional.

"Saya tidak percaya bahwa perusahaan tidak memiliki sarana untuk mengidentifikasi karakteristik kandidat. Masalahnya adalah nilai-nilai dunia bisnis: kita harus merangkul banyak tipe orang jika kita ingin meningkatkan inovasi," kata Uusi-Kakkuri. Tentu saja, penting bagi individu kreatif untuk menghargai sudut pandang mereka sendiri dan mengarahkan posisi kepemimpinan.

Bagi individu, Uusi-Kakkuri merekomendasikan pelatihan kepemimpinan dan menemukan mentor yang kreatif.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved