Tips Badan Tetap Kuat dan Sehat Saat Puasa

Tanggal: 18 Mei 2018 11:17 wib.
Tips Agar Badan Tetap Kuat dan Sehat Saat Puasa

Berikut adalah tips yang sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat selama puasa:

1. Jangan lewatkan makan sahur

Sahur adalah kesempatan terbaik untuk mempersiapkan tubuh agar terisi dengan menu makanan yang kaya energy dan nutrisi. Oleh sebab itu jika ingin tetap segar dan kuat selama puasa, maka Sahur adalah hal yang wajib dilaksanakan. Untuk sahur yang optimal, pastikan menu makanan mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, sayur, dan buah.

2. Hindari beraktivitas di bawah terik matahari
Terlalu banyak terkena terik matahari aka akana menguras cadangan energi dan cairan dalam tubuh. Selain itu, pastikan berkecukupan meminum air putih saat sahur dan berbuka puasa.

3. Buka puasa secara bertahap
Jangan langsung melahap makanan dan minuman dalam jumlah banyak saat berbuka puasa karena hal itu merusak ritme kerja sistem pencernaan. System pencernaan akan terasa seperti kaget jika langsung melahap makanan dalam jumlah banyak.
Sebaiknya awali dengan minum air putih dan sedikit makanan ringan. Hal ini membantu untuk perlahan-lahan memulihkan atau menormalkan system pencernaan.

4. Jangan melakukan olah raga berat

Olah raga berat akan sangat menguras energy yang mengakibatkan kelelahan tubuh. Oleh sebab itu, tidak dianjurkan melakukan olah raga berat selama berpuasa.
 

Selamat sehat dan kuat selama menjalankan puasa.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved