Tidak Mau Kesulitan Keuangan Saat Merantau? Berikut Tipsnya Untuk Anda

Tanggal: 26 Apr 2018 16:33 wib.
Tips Hemat Untuk Pekerja Atau Mahasiswa Perantau

Merantau adalah bukan hal yang mudah. Setiap yang merantau pasti pernah mengalami masa-masa sulit terutama dalam bidang keuangan apalagi jika berasal dari keluarga yang pas-pasan. Bagaimana tidak, ketika menjadi pekerja atau mahasiswa perantau maka secara otomatis Anda akan akan jauh dari jangkauan perhatian keluarga, saudara dan orang-orang terdekat Anda saat di kampung halaman.

Itu artinya Anda akan menjalani keseharian Anda dengan teman baru, lingkungan baru, serta dengan diri Anda sendiri yang bisa dipastikan akan bedan jauh ketika Anda sedang masih di rumah sendiri. Namun, merantau memang tidak selalu identic dengan kesusahan, justru sebaliknya disana Anda akan terlatih menjadi pribadi yang mandiri, bertanggungjawab pada diri sendiri, lebih menghargai orang lain, dan lainnya.

Namun, lepas dari manfaatnya merantau, sudah bukan rahasia umum lagi jika anak kos sering mengalami kesulitan keuangan ketika mendekat penghujung akhir bulan. Biasanya ini terjadi bukan karena memang tidak punya sejak awal tetapi dari gaya hidup perantau yang kurang disiplin dan tidak memikirkan kesusahan esok hari.

Sebagai contoh, ketika mendapatkan kiriman di awal bulan, maka yang cenderung terjadi adalah sering kali mengiyakan ajakan teman untuk pergi jalan-jalan, nongkrong di café, belanja di mall, nonton di bioskop, karaoke, dan lain sebagainya. Itu terjadi karena mementingkan setia kawan dibanding memikirkan kebutuhan primer di kemudian hari. Akibatnya belum akhir bulan uang sudah habis dan baru merasa kesulitan terhadap keuangan.

Nah, untuk kamu yang mau aman dan tidak kesusahan saat meranta, berikut tipsnya yang bisa Anda lakukan.


Biasakan memasak sendiri di kosan atau kontrakan Anda


Memang cukup ribet memasak namun ada begitu banyak manfaat ketika Anda belajar memasak saat merantau. Manfaatnya adalah Anda akan menjadi lebih mandiri, penghematan akan keuangan cukup besar, jadi bisa memasak, lebih sehat dan rasanya bisa sesuka Anda, porsi yang Anda makan tidak terbatas, dan sebagainya. Dengan memasak mungkin yang biasanya Anda habiska uang enam ratus ribu rupiah sampai satu juta rupiah perbulan, tetapi dengan memasakan Anda bisa saja hanya menghabiskan sekitar dua ratus ribu rupiah saja.


Jangan selalu mengiyakan ajakan teman


Memang sih ketika diajak teman bermain ke suatu tempat seperti yang disebutkan diatas akan menghibur dan juga dapat membuat semakin akrab dengan teman. Tetapi sebelumnya mengiyakan ajakan teman, lihat dulu kondisi keuanganmu apakah memungkinkan atau tidak sampai Anda dikirimkan uang lagi oleh orangtua.


Cari freelance


Untuk yang kuliah memang cukup sibuk tetapi bukan berarti tidak bisa melakukan hal lain yang bisa menghasilkan sedikit uang tambahan. Jika ingin tidak kesulitan akan keuangan dan tidak terus bergantung pada orangtua, carilah proyek-proyek freelance atau kerja paruh waktu untuk menambah uang saku Anda.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved