Skill Dasar yang Harus Dimiliki Generasi Milenial

Tanggal: 6 Mar 2018 20:31 wib.
Apakah kamu termasuk generasi milenial?  Generasi milenial menjadi topik yang cukup hangat dikalangan masyarakat, mulai dari segi pendidikan, teknologi maupun moral dan budaya. Tapi sebenarnya, siapakah generasi millenials itu dan apakah masyarakat benar-benar mengerti akan sebutan itu?

Millennials atau kadang juga disebut dengan generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir setelah Generasi X, yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980- 2000an. Maka ini berarti millenials adalah generasi muda yang berumur 17- 37 pada tahun ini. Millennials sendiri dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi.

Generasi milenia dikenal dengan kreativitasnya yang tak terbatas, serta kecerdasan yang tidak kalah hebatnya dengan generasi-generasi sebelumnya. Di era generasi milenial segala sesuatu menjadi mudah. Kemudahan ini sekaligus menjadi tantangan bagi setiap orang untuk tampil hebat harus mampu menciptakan inovasi.

Di masa era generasi milenial, skill atau kemampuan yang dibutuhkan pun sangat berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Untuk itu, kenalilah zamanmu dan milikilah skill yang sedang dibutuhkan. Berikut skill yang harus dimiliki karena sangat dibutuhkan di era sekarang.


Cakap berbahasa inggris


Bahasa inggris adalah hal pertama yang harus kamu miliki jika ingin survive dalam karir apalagi jika punya keinginan melanjutkan pendidikan bahkan bekerja di perusahaan-perusahaan luar negeri. Bahasa inggris menjadi kebutuhan utama generasi milenial. Betapa tidak, bahasa inggris begitu penting di zaman milenial karena merupakan bahasa internasional pertama. Tentu saja dengan mampu berbahasa inggris kamu dapat menjelajah seluruh dunia dan tidak perlu takut dengan masalah komunikasi dengan orang luar negeri. Bahkan sebagian perusahaan Indonesia pun mewajibkan setiap calon karyawannya bisa berbahasa inggris baik menulis maupun berbicara.


Microsoft office


Jika zaman dahulu computer atau laptop hanya milik orang tertentu saja, berbeda dengan sekarang siapapun dapat memiliki computer ataupun laptop karena harganya cukup terjangkau dan penyebarannya pun luas. Era digital ini kamu dituntut harus bisa mengoperasikan Microsoft Office (ms excel, ms word, ms point, dan sebagainya). Kegunaan microsft ini sangatlah penting untuk kamu membuat laporan, jurnal, artikel, tugas, surat-menyurat, skripsi,memecahkan hitungan, membuat grafik, membuat bahan persentasi, dan sebagainya. Hampir semua perusahaan membutuhkan skill ini, jadi pastikan dirimu mampu mengoperasikan Microsoft Office.


Edit video dan foto


Kebutuhan era digital sangatlah berbeda dari era sebelumnya. Sekarang kamu dituntut lebih kreatif dari sebelumnya. Jika dahulu mengedit foto dan video hanya dilakukan oleh orang yang berprofesi sebagai editor, photographer dan sejenisnya, sekarang foto dan video adalah sepertinya telah menjadi bagian dari kehidupan milenial yang tidak boleh dihilangkan. Belajarlah mengedit foto dan video setidaknya untuk kepentinganmu sendiri, dengan cara ini kamu tidak bergantung pada orang lain.


Menulis


Tidak diragukan bahwa generasi milenial terdiri dari orang-orang yang kreatif. Menjadi kreatif saja tidak cukup, perlu menuangkannya dalam bentuk tulisan akan menjadi lebih baik agar ide kreatifmu tersebut tidak hanya menjadi sebuah imajinasi yang kosong tanpa wujud. Belajarlah menulis karena menulis akan membuatmu menjadi lebih kritis, wawasan bertambah, bahkan mendapatkan inspirasi yang baru.

Jangan hanya menyibukkan diri duduk nonton film, nongkrong bersama teman, main game, dan update status di akun sosial media. Tetapi belajarlah menulis dan manfaatkan waktu yang ada untuk berkarya.

 

 

 

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved