Sebelum Usia 6 Bulan, Bayi Dilarang Diberi Air Putih? Benarkah?

Tanggal: 5 Mar 2018 21:36 wib.
Tampang.com – Dalam upaya menjaga kesehatannya, setiap orang disarankan untuk minum air putih sebanyak delapan gelas air putih setiap harinya. Namun, apakah saran tersebut berlaku untuk semua usia, tidak terkecuali bagi bayi?

Siapa sangka, saran tersebut ternyaat tidak berlaku bagi bayi. Karena, sebenarnya bayi telah memiliki asupan yang cukup bagi tubuhnya dari ASI atau susu formula yang ia konsumsi. Hal itu diungkapkan oleh seorang dokter anak, Dr. Stephen R. Samuels.

“Namun begitu bayi Anda berusia enam bulan, tidak maslaah memberikan air putih (matang) jika dia haus,” ungkap Samuels di Baby Center.

Selain alasan itu, Stephen juga menyebutkan bahwa bayi jangan diberikan air karena akan menyebabkan bayi terlalu kenyang.

Secara ilmiah, alasan mengapa bayi tidak boleh diberikan air putih hingga berusia enam bulan, hal itu karena ia belum siap untuk menerima air putih. Adapun jika dipaksakan, ia akan mengalami keracunan air dan akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Seperti yang diketahui bahwa air putih mengandung natrium dan juga mineral yang tentunya dapat mengganggu keseimbangan elektrolit pada organ bayi yang masih berkembang.

Selain itu, air putih pun dapat memicu jaringan membengkak dan membuat bayi muntah, kejang bahkan koma.

Bagaimana, apakah Anda masih berani memberikan air putih untuk si kecil?
Copyright © Tampang.com
All rights reserved