Orang Dengan Autisme Lebih Baik Menghindari Trik Pemasaran yang Menyelinap

Tanggal: 11 Jul 2017 20:40 wib.
Sebuah studi baru tentang pengambilan keputusan pada orang-orang dengan kondisi spektrum autisme telah menemukan bahwa mereka lebih konsisten dalam pilihan mereka saat mengevaluasi pilihan produk.

Konsumen terus-menerus dibombardir dengan pilihan tanpa akhir, sering disesuaikan secara khusus untuk mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Tapi sekarang sepertinya memiliki ciri pada spektrum autisme sebenarnya bisa melindungi Anda dari beberapa trik pemasaran.

Dalam hal memproses informasi dan melakukan berbagai tugas kognitif, orang dengan kondisi spektrum autisme (ASC) diketahui lebih baik dalam menala rangsangan yang mengganggu atau konteks yang tidak relevan.

"Orang dengan autisme dianggap lebih fokus pada detail dan kurang pada gambaran yang lebih besar - ini sering ditemukan dalam studi persepsi yang lebih banyak, misalnya dengan menunjukkan bahwa orang-orang dengan autisme kurang rentan terhadap beberapa ilusi visual," kata salah satu peneliti, George Farmer dari University of Cambridge, Inggris.

"Kami ingin tahu apakah kecenderungan ini akan berlaku untuk tugas pengambilan keputusan tingkat tinggi."

Tim merekrut 90 orang dengan didiagnosis ASC dan 212 orang neurotipikal tanpa kondisi apapun. Kedua kelompok tersebut berulang kali dipresentasikan dengan serangkaian sepuluh pasang produk di berbagai kategori, termasuk hal-hal seperti telepon genggam, jus jeruk, drive USB dan lain-lain.

Peserta harus memilih produk hanya dengan dua fitur yang harus dilewati - seperti vitamin C dan kandungan kalori dari jus jeruk, misalnya.

Tapi itu tidak akan menjadi studi psikologi jika pilihan mereka tidak benar-benar dicurangi. Krusial, setiap pasangan produk disertai dengan produk 'umpan' dengan fitur yang dipilih untuk membuat salah satu dari dua pilihan tes lebih menarik.

Jika orang benar-benar agen rasional (spoiler, bukan kami), produk umpan tidak boleh membuat perbedaan dan orang harus bisa mengevaluasi produk berdasarkan prestasi mereka sendiri, terlepas dari gangguan apa pun.

"Jika seseorang memilih salmon untuk steak, ini seharusnya tidak berubah hanya karena kaki katak ditambahkan ke menu," tulis para peneliti dalam penelitian tersebut.

Namun, penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa ketika manusia neurotip membuat pilihan, presentasi pilihan mereka sangat penting, terutama jika mereka harus mempertimbangkan pengorbanan.

Lemparkan produk yang buruk ke dalam campuran, dan tiba-tiba seluruh perubahan rasional - ini dikenal sebagai 'efek tarik', sebuah fenomena yang terkenal dan mudah dimanfaatkan oleh pemasar yang mencoba mempengaruhi perilaku konsumen.

Dengan menggunakan umpan khusus dalam desain studinya, tim dapat melihat apakah orang-orang mengalihkan pilihan produk mereka saat umpan dikirim, tiba-tiba membuat produk lain pada pasangan lebih menarik tanpa mengubah fitur produk inti apa pun.

Ternyata, peserta dengan ASC benar-benar membuat pilihan yang lebih konsisten dan kurang terpengaruh oleh umpan yang bertentangan dengan peserta neurotipikal.

"Dari perspektif ekonomi, ini menunjukkan bahwa orang dengan autisme lebih rasional dan cenderung tidak terpengaruh oleh pilihan pilihan yang disajikan," kata Farmer.

Para peneliti mencatat bahwa temuan mereka memiliki "implikasi praktis untuk fungsi sosioekonomi orang dengan ASC," karena pengaruh daya tariknya lebih banyak daripada pasta gigi yang mungkin Anda dapatkan di supermarket. Hal ini juga dapat mempengaruhi keputusan kebijakan, keputusan hukum dan bahkan pilihan pemilihan.

Tim menekankan bahwa orang-orang dengan ASC tidak sepenuhnya tahan terhadap umpan, namun secara signifikan tidak terlalu dipengaruhi oleh mereka daripada populasi umum.

Konsistensi hoice dianggap normatif dalam teori ekonomi konvensional, sehingga sensitivitas konteks yang berkurang akan memberikan demonstrasi baru bahwa autisme tidak dalam segala hal merupakan 'kecacatan', "tulis para peneliti di koran tersebut.

Tapi mereka juga mencatat bahwa mungkin ada harga yang harus dibayar - terkadang menggunakan konteks untuk membuat pilihan optimal adalah strategi praktis, terutama jika Anda tidak ditipu oleh eksekutif periklanan.

Ini adalah pertama kalinya efek daya tarik telah dipelajari pada peserta dengan ASC.

Berdasarkan hasil yang menarik, tim sekarang berharap akan ada ruang lingkup lebih lanjut untuk mempelajari kebiasaan psikologis terkenal lainnya untuk lebih memahami bagaimana orang-orang dalam spektrum autisme memproses dunia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved