Khasiat Daun Kelor Bagi Ibu Menyusui

Tanggal: 24 Mei 2018 09:21 wib.
Khasiat Daun Kelor Bagi Ibu Menyusui



 

Menyusui merupakan bagian penting yang harus dilakukan oleh ibu untuk memberikan kebutuhan nutrisi dan gizi pada bayi yang baru dilahirkannya.

Pentingnya asi dalam proses menyusui tersebut menjadikan ibu harus menjaga kualitas maupun jumlah asi yang dapat diproduksi oleh tubuh ibu. Berikut  manfaat daun kelor untuk ibu menyusui.

 

Memperbanyak produksi asi

Daun kelor merupakan daun yang berasal dari pohon moringa oleifera yang memiliki banyak kandungan nutrisi baik mineral, vitamin, dan lainnya. Kandugan flavonoid pada daun kelor dapat membantu membuat produksi asi menjadi berlimpah. Cukup dengan mengolah daun kelor sebagai sayur.

 

Meningkatkan kualitas asi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa daun kelor memiliki kandungan zat besi 25 kali lebih besar dibandingkan bayam, vitamin C 7 kali lipat dibanding jeruk, vitamin A 4 kali lipat dibanding wortel, kalsium 4 kali lipat dibanding susu, potasium 3 kali lipat dibanding pisang, dan protein yang 2 kali lipat lebih banyak dibanding susu. Berbagai kandungan berlimpah tersebut dapat dikonsusmsi sebagai salah satu cara meningkatkan kualitas asi agar bayi gemuk.

 

Mengurangi gangguan perut

Manfaat lain daun kelor untuk ibu menyusui adalah dapat membantu mengurangi gangguan yang terjadi pada perut seperti kram dan nyeri sisa proses persalinan. Kandungan zat besinya juga dapat membantu mengembalikan kebutuhan zat besi yang banyak hilang pasca melahirkan.

 

Meningkatkan daya tahan tubuh

Berbagai kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam daun kelor dapat membantu ibu menyusui dalam meningkatkan daya tahan tubuhnya. Peningkatan daya tahan tubuh tersebut dapat menjadikan ibu menyusui lebih kuat dan tidak rentan terhadap berbagai resiko penyakit sehingga tidak terjadi gangguan dalam proses menyusui.

 

Menstabilkan emosi ibu menyusui

Tingginya beban yang harus dihadapi oleh ibu menyusui untuk membesarkan serta memperhatikan perkembangan bayinya menjadikan kestabilan mood dan emosi sering tidak dapat terjaga. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, konsumsi daun kelor dapat membantu ibu menyusui untuk mengontrol emosi dan moodnya.

 

Memperlancar sistem pencernaan

Maag bisa saja terjadi pada ibu menyusui yang akan menimbulkan rasa sakit berlebih pada bagian perutnya sehingga harus dicegah agar tidak terjadi. Kandungan antiinflmasi pada daun kelor dapat membantu mengatasi sakit akibat maag dan membantu memperlancar sistem pencernaan ibu menyusui.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved