Kebiasaan Pola Makan yang Salah Pada Anak

Tanggal: 21 Jul 2018 15:13 wib.
Kebiasaan Pola  Makan yang Salah Pada Anak



Makanan adalah salah satu kebutuhan utama bagi tubuh manusia tanpa terkecuali anaka-anak. Sebagai orang tua,  sudah menjadi tugasnyalah untuk memastikan manakan yang dikonsumsi anak-anak dengan baik dan benar. Berikut ini adalah kebiasaan makan yang salah yang wajib dihindari agar tidak diberikan atau diterapkan pada anak.

Makan diganti susu

Ada beberapa anak sulit makan, tapi begitu suka susu. Lalu dengan alasan agar anak enggak ngambek, orangtua pun jadi terlalu sering memberinya susu untuk mengganti makan. Tindakan ini keliru. Karena meski susu mengandung gizi yang baik untuk pertumbuhan anak, tapi anak butuh lebih dari sekadar gizi.

Dalam proses makan, anak belajar banyak hal. Anak belajar mengunyah, menggigit, dan lain sebagainya. Susu perlu diberikan namun pemberiannya harus diatur karena makanan utama yang dibutuhkan anak adalah makanan pokok yang bergizi seimbang.

Anak diberi makanan gurih, seperti fastfood

Untuk mengatasi anak yang susah sekali makan, tidak sedikit orang tua yang memberikan fast food seperti ayam goreng, kentang goreng, burger, dan makanan gurih lainnya pada anak.  Padahal makanan demikian tidak disarankan untuk  balita karena tinggi garam, tinggi lemak, tinggi bumbu penyedap, dan lainnya. Jika ia terbiasa makan fastfood yang gurih, akan sulit baginya menikmati makanan rumah yang justru kaya gizi.

Menyembunyikan sayuran pada makanan anak

Kebanyakan orangtua melakukan hal ini untuk menyiasati anaknya yang tidak suka makan sayur. Sayuran diolah sedemikian rupa agar tetap tercampur di dalam makanan, tanpa disadari anak-anak. Misalnya di balik telur dadar. Kebutuhan nutrisi anak memang akan tetap terpenuhi, tapi cara ini tidak akan membuat anak sadar akan manfaat dan rasa sayuran yang segar yang sebenarnya. Hal ini akan terus terbawa sampai ia dewasa nanti.

Tidak ada salahnya untuk menunjukkan sayuran secara untuh pada menu makanan anak.  Sajikan sayuran dengan kreasi yang lebih menariktanpa harus disembunyikan. Misalnya sayur brokoli dibentuk menjadi rambut orang, wortel menjadi bentuk bunga atau matahari, dan sebagainya. Kenalkan manfaat berbagai jenis sayuran saat menemani anak makan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved