Inilah Waktu Anak Belajar Tanggung Jawab

Tanggal: 17 Jul 2018 17:04 wib.
Tampang.com – Tanggungjawab menjadi salah satu hal yang wajib diajarkan kepada anak sejak kecil. Orangtua harus mampu mendidik tanggungjawab kepada sang anak sedini mungkin. Tanggungjawab yang dilatih kepada sang anak bukanlah suatu hal yang berat melainkan pasti dapat dikerjakan oleh anak.

Berbagai latihan terkait tanggungjawab dapat dilatih dengan menyesuaikan dnegan usianya. Seperti contohnya, tanggungjawab diajarkan kepada anak usia 3 tahun dengan menyimpan pakaian kotor di tempat yang seharusnya atau juga mengajarkan untuk menyimpan piring dan gelas plastic yang kotor di tempat cuci piring.

Lalu bagaimana cara Anda melatih si kecil tentang tanggungjawab?

Mulai dari balita

Sejak kecil, Anda mendidiknya untuk mengambil pakaian untuk diri sendiri dari lemari pakaian atau juga mengajarkan bagaimana menyimpan pakaian kotor ditempat cucian baju. Hal itu akan mendidik anak untuk terbiasa mengurus dirinya sendiri dan bertanggungjawab terhadap kebutuhannya sendiri.

Konsekuensi

Didiklah anak untuk bertanggungjawab terhadap apa yang ia lakukan. Jika ia menumpahkan minumannya, jangan Anda memarahinya melainkan intalah anak untuk mengambil lap pel dan membersihkannya.

Pujian

Sang anak juga membutuhkan apresiasi dari orang tua atas apa yang ia lakukan. Berikan pujian untuk setiap hal baik yang telah ia lakukan.

Tugas Ringan

Cobalah untuk memberikan tugas rumah tangga yang sesuai dengan usianya seperti mematikan lampu, membuang sampah.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved