Hati-hati, Komentar Kecil Anda tentang Menggambar Anak Bisa Membunuh Kreativitas Mereka!

Tanggal: 1 Jul 2017 07:32 wib.
Anak Anda pulang ke rumah dan memberi Anda gambar dari rumah Anda. Ada rumah dengan warna biru, matahari berwarna kuning, dan langit berwarna hijau. Anda mengagumi hasil karyanya dan kemudian dengan lembut bertanya mengapa langit berwarna hijau. Bukankah seharusnya biru?

Kebanyakan guru dan orang tua akan memiliki reaksi yang sama, tapi sebelum Anda berbicara, berhentilah! Komentar kecil yang polos itu membawa pukulan yang kuat. Seperti yang dikutip dari lifehack.org, berikut penjelasannya.

Tanpa sepengetahuan Anda, Anda akan memadamkan kreativitas alami anak Anda.

Setiap orang memiliki kemampuan untuk menjadi kreatif, namun Profesor Biologi dan neurobiologis Erin Clabough Ph.D. menulis,


Kreativitas bisa mudah dihancurkan oleh tujuan yang dipaksakan orang lain.


Tidak semua orang perlu melihat dunia dalam cahaya yang sama - dan seharusnya tidak. Sebelum Anda menyebutkan langit itu biru, pertimbangkan alasan Anda dengan hati-hati. Anak Anda bisa melihat bahwa langit berwarna biru, tapi di dunia mereka sebenarnya tidak. Beri mereka kebebasan untuk menjadi kreatif. Kreativitas memupuk pemikiran kritis dan kemampuan memecahkan masalah. Ini membantu orang untuk mengatasi stres dan beradaptasi dengan perubahan. Kebanyakan orang dewasa tanpa sadar melakukan membatasi imajinasi dengan niat baik yang sesat. Sebenarnya, Anda mungkin akan terkejut dengan beberapa penghalang kreativitas ini.


Mengkritik - Anda mungkin percaya kritik konstruktif membantu, tapi Anda menghancurkan kreativitas mereka.
Tekanan untuk Kesempurnaan - Membuat anak Anda merasa tertekan untuk sukses, memberikan penekanan pada produk akhir yang sempurna alih-alih proses kreatif mereka.
Helicopter Parenting - Berikan ruang anak Anda. Berkedip di sekitar mereka hanya menimbulkan tekanan untuk tampil untuk Anda, bukan mereka.
Membatasi pilihan - Memungkinkan mereka untuk hanya melukis dengan sikat, bukan jari mereka, ujung sikat, sumpit atau benda lainnya membunuh kreativitas. Memberitahu mereka untuk bermain di luar tapi tidak kotor membunuh kreativitas. Bermain harus dimainkan.
Menjadi Bossy - Berhenti menjadi seorang diktator. Kreativitas paling baik dipupuk kebebasan ruang dan bukan dari diberitahu ini adalah bagaimana Anda harus melakukannya. Harus dan harus dua kata yang berbeda.


Umpan balik yang diberikan oleh orang dewasa dapat meningkatkan atau membatasi imajinasi anak-anak.

Meskipun Anda mungkin tidak dapat menghentikan sekolah anak Anda untuk menyalurkan dana seni mereka ke dalam buku teks matematika baru, ada beberapa cara untuk bekerja dengan anak Anda untuk meningkatkan kreativitas mereka dan berhenti membatasi imajinasi mereka.

Rewire Your Brain

Orang dewasa bisa menjadi set dalam cara berpikir mereka. Seperti video game berpikir buruk dan musik hari ini tidak akan pernah sesuai dengan yang kemarin. Gagasan yang sudah ketinggalan zaman. Untuk menumbuhkan kreativitas anak Anda, ini mungkin memerlukan rewiring otak dan cara berpikir Anda sendiri. Hentikan diri Anda menjalankan autopilot dan memuji produk, bukan prosesnya. Langit itu mungkin tidak biru, tapi butuh waktu lama dan kerja keras untuk menciptakannya. Sebelum Anda mengutuk waktu komputer itu, sadarilah bahwa seni digital sama kreatifnya dengan menggambar dengan pensil dan tinta.

Sadarilah Dunia Anda Bukan Dunia mereka

Berhentilah mencoba membuat anak-anak Anda melihat dunia seperti Anda melihatnya. Penghakiman Anda, sudut pandang Anda adalah milik Anda. Anda telah memiliki banyak tahun dan pengalaman untuk mendasarkannya dan untuk mengukurnya. Anak Anda memiliki rentang pengalaman yang pendek. Anak-anak memiliki kemampuan untuk menggunakan imajinasi mereka lebih baik daripada orang dewasa karena mereka tidak ternoda oleh waktu dan dinilai melawan sejumlah besar data yang dikumpulkan oleh otak dewasa. Izinkan anak Anda kebebasan untuk menggunakan indra mereka sendiri untuk diri mereka sendiri, tidak bias dengan saran Anda.

Berikan anak Anda alat, ruang dan waktu untuk membantu menumbuhkan kreativitas mereka. Hati-hati dengan orang-orang kreatif, seperti pengasuhan helikopter dan keputusan diktator. Cobalah untuk tidak secara tidak sengaja menghancurkan kreativitas mereka, bahkan jika itu berarti mengembalikan cara berpikir Anda sendiri. Bekerjalah dengan proses kreatif anak Anda, jangan melawannya. Anda tidak pernah tahu, Anda mungkin akan meningkatkan inovator besar berikutnya.

Hentikan Mengkritik Pekerjaan mereka
Anda mungkin percaya kritik konstruktif membantu, bila Anda percaya kelelawar yang dibuat oleh anak Anda dari tanah liat mereka harus memiliki telinga yang lebih panjang, tapi Anda menghancurkan kreativitas mereka. Imbalannya sedang dalam proses, apakah mereka keluar seperti kelinci atau menyerupai benjolan meleleh dengan mata. Ketika mereka memulai, mereka mungkin telah membayangkan karya mereka dalam pikiran mereka, tapi inilah proses yang melatih kreativitas, bukan hasilnya. Mereka akan belajar lebih banyak dari percobaan dan kesalahan mereka sendiri-seperti telinga kelinci panjang yang membutuhkan dukungan, daripada jika Anda memberi tahu mereka.

Jangan Mengganggu Proses Kreatifnya

Jangan menghalangi permainan mereka. Ketika mereka menambahkan seember air ke tumpukan kotoran itu dan mulai meremas tangan mereka melewatinya, gigit lidah Anda. Ketika mereka meletakkan kuas cat mereka dan memasukkan jari-jari mereka langsung ke cat dan mulai mewarnai kertas mereka dengan cap jempol, putar tangan Anda di belakang punggung dan tutup mulut Anda. Anda menyaksikan imajinasi di tempat kerja. Ingat, Anda bisa menyemprotnya dan membasuh tangan itu sesudahnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved