Faktor Penyebab Tipes yang Harus Dipahami

Tanggal: 11 Jun 2018 12:21 wib.
Faktor Penyebab Tipes Yang Harus Dipahami

Penyakit tipes (tifus) adalah penyakit yang terjadi akibat serangan bakteri salmonella typhi. Bakteri ini biasanya menyerang. Bakteri ini biasanya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.

Penyakit tipes umumnya mulai muncul pada 1-3 minggu setelah tubuh terinfeksi, dengan ciri-ciri: Demam tinggi, diare atau konstipasi, sakit kepala, sakit perut, dsb. Penyakit tipes tergolong penyakit yang tidak bisa diabaikan karena berdampak bahaya.

Agar terhindar dari penyakit tipes, maka sangat perlu memiliki pemahaman yang baik tentang penjelasan penyebab terjadinya tipes. Secara Umum, berikut ini beberapa penyebab seseorang terserang penyakit tifus atau tipes:

Makanan dan minuman yang sudah dihinggapi lalat

Makanan atau minuman yang dihinggapi lalat biasanya  terkontaminasi dengan bakteri salmonella typhi. Oleh sebab itu, usahakan agar makanan dan minuman anda tetap tersimpan dalam keadaan tertutup dengan baik.

Pola makan yang tidak teratur (selalu telat)

Orang yang tidak teratur makan besar kemungkinan mudah terserang penyakit tipes karena kondisi tubuh yang tidak stabil dan lelah.

Makan ditempat kotor

Tempat yang kotor adalah kesukaan lalat. Oleh sebab itu, hindari makan ditempat-tempat yang kebersihannya diragukan. Kebanyakan orang jika sudah lapar, maka tidak berpikir panjang untuk mencari tempat makan yang sehat. Melainkan dimana terdapat makan yang dekat, disitulah langsung mencari makanan tanpa mempertimbangkan faktor kesehatan dan kebersihan tempat makan tersebut.

 

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved