Berkomunikasi dengan Bahasa Asing Pengaruhi Emosi dalam Pengambilan Keputusan

Tanggal: 23 Agu 2017 10:25 wib.
Jika Anda bisa menyelamatkan nyawa lima orang dengan mendorong orang lain di depan kereta api sampai kematiannya, maukah Anda melakukannya? Dan apakah berbeda jika pilihan itu disajikan dalam bahasa yang Anda ucapkan, tapi bukan bahasa ibu Anda?

Psikolog di University of Chicago menemukan bahwa orang-orang menghadapi dilema seperti itu saat berkomunikasi dalam bahasa asing jauh lebih bersedia mengorbankan orang lain daripada yang menggunakan bahasa ibu mereka.

Melalui serangkaian eksperimen, Keysar dan koleganya mengeksplorasi apakah keputusan yang dibuat orang dalam dilema kereta api disebabkan oleh berkurangnya keengganan emosional untuk memecahkan hal tabu yang telah tertanam.

"Kami menemukan bahwa orang yang menggunakan bahasa asing tidak lagi peduli untuk memaksimalkan kebaikan yang lebih besar," kata pemimpin penulis Sayuri Hayakawa, seorang mahasiswa doktoral UChicago dalam bidang psikologi. "Tapi, lebih suka menolak tabu yang bisa mengganggu pilihan memaksimalkan kebaikan."

"Saya pikir ini sangat mengejutkan," kata Keysar. "Prediksi saya adalah bahwa kita akan menemukan bahwa perbedaannya adalah seberapa mereka peduli terhadap kebaikan bersama. Tapi bukan itu sama sekali."

Studi dari seluruh dunia menunjukkan bahwa menggunakan bahasa asing membuat orang lebih utilitarian. Berbicara bahasa asing memperlambat Anda dan mengharuskan Anda berkonsentrasi untuk mengerti. Para ilmuwan telah berhipotesis bahwa hasilnya adalah kerangka pikiran yang lebih deliberatif yang membuat manfaat utilitarian menyelamatkan lima kehidupan lebih besar daripada keengganan untuk mendorong seseorang ke kematiannya.

Tapi pengalaman Keysar sendiri berbicara dalam bahasa asing - Inggris - memberinya perasaan bahwa emosi itu penting. Bahasa Inggris tidak memiliki resonansi mendalam untuknya sebagai orang asli Ibrani. Itu tidak berhubungan erat dengan emosi, perasaan yang dimiliki oleh banyak orang dwibahasa dan didukung oleh banyak penelitian laboratorium.

Bahasa asing sering dipelajari di kemudian hari di kelas, dan mungkin tidak mengaktifkan perasaan, termasuk perasaan yang tidak menyenangkan.

"Kami menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan bahasa asing tidak lagi memperhatikan kehidupan yang diselamatkan, tapi pasti tidak terlalu menolak untuk melanggar peraturan semacam ini. Jadi jika Anda mengajukan pertanyaan klasik, 'Apakah itu kepala atau hati?' Tampaknya bahasa asing sampai ke hati. "
Copyright © Tampang.com
All rights reserved