Beli Baju Baru ? Wajib Dicuci dulu Sebelum Dipakai

Tanggal: 22 Nov 2017 21:22 wib.
Tampang.com - Siapa yang nggak mau belanja baju baru, setiap wanita selalau ingin belanja baju, namun bagaimana bila baju yang baru kita beli tersebut langsung kita pakai tanpa kita cuci dulu?

Kebiasaan memakai baju yang baru dibeli tanpa mencucinya terlebih dulu ternyata sebaiknya jangan kita lakukan lagi, lho. Kelihatannya memang sepele tapi sebenarnya ada bahaya yang mengancam kesehatan kita.

Bahaya mom ternyata, mau tau kenapa yu simak ya mom…

Terkontaminasi bakteri

Baju baru yang belum dicuci sangat mungkin terkontaminasi bakteri, jamur, kutu, atau bahan kimia. Semua tergantung pada bagaimana baju tersebut dibuat, disimpan, hingga didistribusikan. Bisa bayangkan berapa banyak bakteri yang tersentuh kulit kita kalau enggak mencucinya terlebih dulu?

Infeksi kulit

Alasannya karena bakteri bisa masuk ke dalam tubuh lewat pori-pori kulit. Ditambah lagi ketika kita berkeringat, pori-pori akan semakin terbuka dan penyakit bisa masuk lebih mudah. Terutama untuk kulit yang sensitif, bisa terjadi iritasi pada kulit.

Kandungan kimia berbahaya pada baju baru

Ada banyak kandungan kimia berbahaya pada baju baru yang berbahaya untuk kita. Misalkan, pewarna sintetis yang masih melekat pada serat-serat pakaian dapat menyebabkan dermatitis kontak, yaitu peradangan kulit akibat kontak dengan suatu zat alergen tertentu.

Selain itu, ada beberapa kimia berbahaya yang ditemukan pada produk baju. Jadi, sangat penting untuk mencucinya terlebih dahulu, ya!

- Chromium IV: sering ditemukan pada bahan kulit dan wol yang dapat menyebabkan kontak dermatitis

- DMF: digunakan untuk mencegah jamur dan produk pakaian dari kulit menjadi lembab. DMF bisa menyebabkan eksim yang sulit diobati.

- Pewarna dispersi: bisa menyebabkan alergi dan ruam

- Formalin: digunakan untuk proses finishing kain. Paparan rendah zat ini mengiritasi mata, hidung, tenggorokan dan bisa menyebabkan alergi yang mempengaruhi kulit dan paru-paru.

- Fenol terklorinasi: digunakan dalam pengolahan tekstil. Kontak dengan bahan ini terutama dalam bentuk uap bisa mengiritasi kulit, mata, dan mulut.

Nah mom, masih nekat mau langsung pakai baju baru? pikirkan ulang lagi ya mom,,
Copyright © Tampang.com
All rights reserved