Beberapa Peluang Bisnis Menguntungkan Digital Printing

Tanggal: 5 Des 2022 16:59 wib.
Inovasi dari teknologi semakin berkembang pesat. Pada beberapa bidang, teknologi cetak memang menurun, tetapi tidak dengan dunia kreatif yang menjadikan teknologi printing semakin berkembang. Hal ini dibuktikan dengan adanya bisnis digital printing. Bisnis digital printing merupakan salah satu bisnis percetakan yang cukup menjanjikan karena memiliki prospektif dan akan terus berkembang.

Apalagi jika melihat perkembangan dan kecanggihan teknologi komputer serta percetakan saat ini, tidak mengherankan jika banyak desain-desain menarik yang bermunculan. Hal tersebut akhirnya membuat bisnis digital printing semakin diminati. Bisnis digital printing dapat dikatakan sebagai bisnis yang dekat dengan masyarakat karena banyak sekali masyarakat yang membutuhkannya.

Berikut ini beberapa peluang usaha digital printing yang cukup menguntungkan seperti :


Direct to Garmen


Direct to Garmen yang dimaksud ialah bisnis percetakan kaos. Di Indonesia sendiri, bisnis ini sudah berkembang sangat pesat dan merupakan salah satu usaha yang paling menguntungkan. Pengoperasian dan hasil yang bagus membuat bisnis ini semakin diminati. Kebanyakan bisnis digital printing kaos menerapkan sistem custome atau sesuai dengan permintaan pelanggan. Biasanya kaos dipesan untuk keperluan institusi pendidikan atau kantor yang ingin membuat seragam.


Stiker


Bisnis stiker yang bisa dijalankan jenisnya beragam, mulai dari stiker mobil, motor, helm, hingga stiker kaca yang digunakan untuk menghias penampilan. Untuk berbisnis stiker, Anda membutuhkan mesin cutting sticker yang bisa digunakan sebagai mesin pencetak pakaian. Bedanya mesin ini membutuhkan bahan khusus yang akan ditempelkan menggunakan press kaos agar bahan tersebut dapat melekat dengan sempurna.


Mug


Anda pasti tahu kan apa itu mug? Mug merupakan gelas yang memiliki gagang dan biasanya diberi gambar atau desain khusus. Anda memerlukan mesin press mug, yang nantinya digunakan untuk mencetak desain menggunakan printer dengan tinta sublim. Tinta sublim akan di tempelkan pada mug sebelum akhirnya di press agar gambar dapat menempel pada mug.


Pin


Meksipun hanya barang kecil, siapa sangka jika pin memiliki banyak peminat. Peminat pin bukan berasal dari kalangan biasa. Biasanya pin dipesan khusus saat musin liburan dan kampanye tiba. Berbisnis pin ini cukup mudah karena Anda hanya memerlukan mesin press pin. Mesin tersebut bekerja mengunakan kertas injek yang sudah dicetak dengan desain bulat menyerupai pin. Setelah itu, desain tinggal ditempelkan pada pin dan di press menggunakan mesin press pin.


Stempel


Setiap institusi atau perusahaan pasti memerlukan stampel. Bisnis ini cukup menguntungkan karena banyak yang menggunakan stempel. Entah untuk bukti pelunasan pembayaran atau untuk pengesahan sebuah dokumen. 



Memulai usaha digital printing sangat mungkin dilakukan meskipun Anda hanya memiliki modal pas-pasan. Berikut ini adalah tipsnya :


Target Pasar Maupun Konsumen


Penentuan target tetap harus dilakukan meski memulai usaha hanya dengan modal kecil. Tentukan target pasar dan juga konsumen. Penentuan target bisa dilihat berdasarkan lokasi usaha yang Anda miliki. Jika toko yang Anda buka berada di kawasan perkantoran, maka pasar Anda merupakan karyawan dari beberapa perkantoran tersebut.


Pilih Jenis Mesin Digital Printing yang Hemat


Usahakan untuk memilih mesin printing digital yang hemat, terutama dalam hal tinta. Jangan sampai Anda harus terus-terusan mengganti karena memiliki kualitas yang buruk. Sebaiknya pilih mesin digital printing dan tinta yang pemakaiannya sedikit namun tetap memiliki kualitas cetak yang cukup tajam.


Pilih Mesin Digital Printing yang Memiliki Kecepatan Software Terbaik


Pemilihan software yang baik dapat membantu Anda mengatur pengeluaran tinta. Nantinya akan membantu printer dalam penyemprotan tinta di titik yang diinginkan. Kecanggihan teknologi memang memberikan banyak sekali kemudahan. Dulu, pencetakan hanya bisa dilakukan dalam jumlah yang besar karena proses produksi memerlukan biaya yang sangat mahal.

Seiring berjalannya waktu, mencetak bisa dilakukan secara bebas, baik satuan maupun ribuan. Tidak hanya itu, proses pun bisa dilakukan hanya dengan beberapa menit saja. Kebutuhan masyarakat terhadap barang-barang yang dicetak seperti banner, stiker, spanduk, kartu nama, dan lainnya menjadikan usaha digital printing sebagai usaha yang sangat menjanjikan, asalkan Anda mau fokus dan memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Bagimana tertarik untuk memulai bisnis digital printing?

 

 

CV. Anugrah Supply Mandiri

Jl.Tunjungan No.28 Surabaya 60275

Telp Office : +62 812-5208-6455

Email : asm.mesinprintingid@gmail.com
Copyright © Tampang.com
All rights reserved