Bayi Gunakan Harapan untuk Membentuk Otak Mereka

Tanggal: 23 Agu 2017 10:27 wib.
Menurut para peneliti, bayi  menggunakan harapan (ekspektasi) mereka tentang dunia untuk secara cepat membentuk otak mereka yang sedang berkembang.

Serangkaian percobaan dengan bayi berusia 5 sampai 7 bulan telah menunjukkan bahwa bagian otak bayi yang bertanggung jawab untuk pemrosesan visual tidak hanya merespons adanya rangsangan visual, namun juga hanya harapan rangsangan visual, menurut para peneliti dari Princeton University, University of Rochester dan University of South Carolina.

Jenis proses saraf yang canggih itu pernah dianggap hanya terjadi pada orang dewasa dan bukan bayi, yang otaknya masih mengembangkan koneksi saraf yang penting.

"Kami menunjukkan bahwa dalam situasi belajar dan situasi harapan, bayi sebenarnya dapat benar-benar cepat menggunakan pengalaman mereka untuk mengubah cara berbagai area otak mereka merespons lingkungan," kata Lauren Emberson, salah satu peneliti di Princeton University. 

Penelitian ini dijelaskan dalam artikel, "Top-down modulation in the infant brain: Learning-induced expectations rapidly affect the sensory cortex at 6 months," dipublikasikan secara online pada 20 Juni di Proceedings of the National Academy of Sciences. Penulis lainnya adalah John Richards dari University of South Carolina dan Richard Aslin dari University of Rochester.

Para periset mengamati satu kelompok bayi dengan pola yang mencakup suara - seperti klakson dari tanduk badut atau mainan - diikuti oleh gambar wajah smiley kartun merah. Kelompok lain melihat dan mendengar hal yang sama, namun tanpa pola apapun.

Para periset menggunakan spektroskopi inframerah dekat fungsional, sebuah teknologi yang mengukur oksigenasi di daerah otak dengan menggunakan cahaya, untuk menilai aktivitas otak saat bayi terkena suara dan gambar.

Setelah mengungkap bayi dengan suara dan gambar sedikit lebih dari satu menit, para periset mulai menghilangkan bayangan itu. Bagi bayi yang telah terpapar pada pola tersebut, aktivitas otak terdeteksi di area visual otak bahkan saat gambar tidak tampak seperti yang diharapkan.

"Kami menemukan bahwa area visual otak bayi merespons keduanya saat mereka melihat sesuatu, yang kami tahu, tapi juga saat mereka mengharapkan untuk melihat sesuatu tapi tidak," kata Emberson.

Temuan tersebut dapat membantu menjelaskan misteri perkembangan saraf, kata para periset.

"Sebagian alasan mengapa saya ingin membuat fenomena seperti ini pada bayi adalah karena saya pikir ini adalah mekanisme kandidat yang benar-benar bagus untuk bagaimana bayi menggunakan pengalaman mereka untuk mengembangkan otak mereka," kata Emberson. "Ada banyak pekerjaan yang menunjukkan bahwa bayi menggunakan pengalaman mereka untuk berkembang. Itu semacam intuitif, terutama jika Anda orang tua, tapi kami tidak tahu bagaimana otak benar-benar menggunakan pengalaman."

Temuan ini menawarkan wawasan yang dapat membentuk penelitian masa depan di wilayah tersebut, kata Janet Werker, seorang profesor dan ketua penelitian Kanada di Departemen Psikologi di Universitas British Columbia yang mempelajari akar perolehan bahasa.

"Yang paling mengasyikkan bagi saya adalah bukti bahwa pekerjaan ini memberikan bahwa sejak awal masa kanak-kanak, korteks mampu menetapkan harapan tentang kejadian yang akan datang," kata Werker, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut. "Ini menunjukkan bahwa bayi tidak hanya belajar tentang dunia luar mereka, tapi sudah siap - sejak awal kehidupan - untuk membuat prediksi tentang kejadian bersama berdasarkan pengalaman singkat yang sangat singkat. Pekerjaan ini memiliki potensi Untuk mengubah penelitian masa depan tentang pembelajaran bayi untuk tidak berfokus pada apa yang bayi dapat pelajari, tapi untuk melihat pembelajaran sebagai proses yang lebih aktif, lebih berfokus pada bagaimana pembelajaran melahirkan pembelajaran selanjutnya. "

Emberson terus mengeksplorasi topik ini dengan memeriksa fenomena pada bayi yang berisiko mengalami perkembangan yang buruk, terutama mereka yang lahir prematur. Dia juga sedang memeriksa apakah harapan visual bayi meningkatkan kemampuan visual mereka.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved