Asuransi atau Tabungan Pendidikan Anak, Lebih Baik Mana?

Tanggal: 4 Agu 2017 10:33 wib.
Tampang.com – Anak merupakan harta berharga yang harus di siapkan masa depannya. Pendidikan menjadi prioritas utama untuk masa depan. Namun seiring berjalanannya waktu, untuk menempuh ke jenjang pendidikan yang tinggi yang berkualitas bukanlah suatu hal yang mudah. Dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dilasir dari liputan6.com, menurut data dari Badan Pusat Statistik ( 2013), rata – rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 20 persen setiap tahunnya. Namun sebuah media nasional pun telah melaporkan bahwasannya biaya pendidikan di perguruan Tinggi Swasta rata – rata naik 40 persen setiap tahunnya.

Biaya yang telah ditetapkan tersebut berhubungan langsung dengan seluruh fasilitas yang diterima para siswanya. Semakin baik system pengajaran dan semakin lengkap fasilitas yang diberikan, maka semakin tinggi pula biaya pendidikan untuk anak.

Untuk menutupi semua biaya tersebut, tidak sedikit orangtua yang berkorban mencari utang untuk pendidikan anaknya. Tidak sedikit pula yang menjalani gali lobang tutup lobang karena terlalu banyaknya biaya yang harus dikeluarkan, atau juga ada yang hingga terjebak dalam utang dengan Bungan yang tinggi. Oleh Karena itu, banyak dari para orang tua yang mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin.

Salah satu strategi yang banyak ditempuh oleh para orangtua adalah mengikuti asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan. Masing – masing memiliki plus minusnya. Namun jika dibandingkan, asuransi pendidikan merupakan solusi yang lebih baik dibandingkan tabungan pendidikan.

Dilansir dari DanaXtra berikut ini merupakan alasan mengapa asuransi menjadi solusi yang tepat :

Asuransi Terbaik Solusi Jitu Dana Pendidikan

Pemilik asuransi biasanya Ayah atau Ibu yang menjadi pencari nafkah utama dikeluarga. Nasabah asuransi tidak perlu pusing memikirkan biaya pendidikan, karena ketika ia membayar premi asuransi setiap bulan artinya ia telah berhak mendapatkan dana segar pada saat masuk sekolah.

Pilih Asuransi terbaik untuk pendidikan anak

Banyak terdapat produk asuransi yang disediakan oleh perbankan. Namun sebelum memilih produk asuransi, baiknya Anda memperhitungkan uang pangkal atau biasa disebut uang gedung ketika anak anda memasuki sekolah. Lalu setelah itu, Anda dapat memasukan komponen SPP setiap bulan, dari awal masuk hingga lulus.

Setelah itu, Anda juga dapat melakukan survey terhadap biaya buku – buku (buku pelajara, buku tulis dan buku latihan),Baiya transportasi, biaya uang saku anak, biaya kegiatan ekstrakulikuler. Setelah mengetahui total biaya yang dibutuhkan. Hitung juga premi asuransi yang sanggup dibayar oleh keluarga.

Jika jumlah biaya yang dikeluarkan lebih besar dari kemampuan membayar premi maka Anda harus realistis. Masukan anak ke sekolah yang perkiraan biayanya ringan, sekolah yang tidak mengenakan uang pangkal, sekolah yang gratis SPP, atau yang lokasinya lebih dekat rumah untuk menghemat baiya transportasi. Setelah perkiraan perhitungan selesai barulah Anda menentukan provider asuransi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Asuransi Terbaik Punya Rekam Jejak Baik

Untuk mengetahui sebuah perusahaan asuransi memiliki rekam jejak yang baik. Anda dapat mencari informasinya di Otoritas jasa keuangan (OJK). Selain itu Anda juga dapat bertanya kepada teman yang telah lama bergabung dengan perusahaan asuransi tersebut, jika kesulitan mencari informasi dari mereka, Anda dapat bergabung di grup via online yang membahas asuransi yang hendak Anda pilih.

Agen Asuransi Terbaik terdaftar di AAUI

Agen asuransi yang professional memiliki kartu keanggotaan di AAUI ( Agen Asuransi Umum Indonesia) atau AASI ( Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia). Jika agen asuransi telah memiliki kartu anggota tersebut maka dapat dipastikan mereka agen asuransi yang professional.

 

  
Copyright © Tampang.com
All rights reserved