Aplikasi Untuk Memeriksa Tekanan Darah Bisa Segera Tersedia

Tanggal: 9 Mar 2018 16:08 wib.
Suatu saat nanti, sentuhan jari yang sederhana ke kasus smartphone mungkin cukup untuk memberikan pembacaan tekanan darah instan yang akurat.

Itulah janji teknologi baru yang dirinci oleh pengembang dalam terbitan Science Translational Medicine edisi 7 Maret.

Periset mengatakan bahwa mereka telah menemukan kasus telepon khusus, menggunakan pencetakan berteknologi tinggi 3-D, yang berisi sensor optik tersemat di atas sensor "kekuatan".

Ketika pengguna menekan sebuah jari ke sensor yang disematkan pada kasus ini, "ini memberikan tekanan terukur pada arteri di jari dengan cara yang sama seperti manset tekanan darah meremas arteri di lengan," menurut sebuah rilis berita jurnalis.

Informasi tersebut kemudian dimasukkan ke aplikasi smartphone yang mengubah data menjadi pembacaan tekanan darah secara real-time, yang ditampilkan di telepon, kata sebuah tim yang dipimpin oleh Ramakrishna Mukkamala dari Michigan State University.

Para periset menguji kegunaan perangkat pada 30 orang, dan menemukan bahwa sekitar 90 persen dapat memposisikan jari mereka dengan benar dan mendapatkan pembacaan yang konsisten setelah hanya satu atau dua kali percobaan.

Dua spesialis jantung mengatakan perangkat itu mungkin suatu hari nanti akan menjadi game-changer.

"Teknik pengukuran tekanan darah yang akurat sangat penting untuk membuat keputusan bermanfaat dalam pengelolaan hipertensi," kata Dr. Joseph Diamond. Dia mengarahkan kardiologi nuklir di Long Island Jewish Medical Center, di New Hyde Park, N.Y.

Dia menekankan, bagaimanapun, bahwa pengujian yang lebih ketat harus dilakukan sebelum teknologi pengukuran tekanan darah baru menjadi standar.

Dr. Rachel Bond membantu kesehatan jantung wanita di Rumah Sakit Lenox Hill di New York City. Dia mencatat bahwa perubahan terbaru pada pedoman tekanan darah American Heart Association - menurunkan ambang batas tekanan darah tinggi menjadi 130/80 mmHg - berarti "lebih banyak orang kemungkinan akan memerlukan akses ke alat pemantau tekanan darah yang mudah digunakan di luar kantor dokter."

Namun, "dengan penggunaan perangkat portabel apa pun, saya sangat menganjurkan agar pasien membawanya ke kantor untuk menguji akurasi dan memungkinkan validasi," kata Bond.

Penelitian ini didanai oleh hibah dari A.S. National Institutes of Health.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved