Aktif Organisasi di Kampus Banyak Manfaatnya

Tanggal: 7 Mar 2018 04:21 wib.
Organisasi merupakan wadah bagi sekelompok komunitas atau orang untuk merencanakan, melaksanakan, mengawasi serta mengavaluasi program dari organisasi itu sendiri. bukan hal asing lagi ketika kamu sekolah atau pu kuliah di kampus, kamu akan dijelaskan manfaat pentingnya berorganisasi di sekolah ataupun di kampus. Sebagian orang  memang sudah memahaminya pentingnya organisasi, namun bagi sebagian orang juga terkadang cuek dan tidak ingin tau bagiamana rasanya aktif di organisasi.

Sebagian mahasiswa ketika kuliah hanya memilih IPKnya aman, sehingga menganggap aktif di organisasi bukanlah seseuatu yang penting. Datang kuliah lalu pulang, yang sering diistilahkan kupu-kupu (kuliah pulang, kuliah pulang). Untuk kamu mahasiswa baru ataupun yang masih memiliki kesempatan beroganisasi di sekolah ataupun kampus, berikut manfaat organisasi yang wajib kamu tahu agar kamu tidak menutup pikiran untuk tidak aktif di organisasi.


Belajar tanggungjawab


Saat kamu terlibat di organisasi, bisa dipastikan kamu akan diberi tugas sesuai posisi yang kamu tempati. Tugas tersebut mengajarkanmu bertanggungjawab pada apa yang sudah dipercayakan padamu. Ketika kamu belajar menjadi orang yang tanggunjawab saat mahasiswa ataupun pelajar, maka itu akan membantumu menghadapi tanggungjawab di dunia nyata ketika terjun di dunia kerja.


Belajar memecahkan masalah


Tidak selamanya di organisasi berjalan dengan mulus, sebaliknya di organisasi pasti akan ada masalah yang akan kalian hadapi disana. Mungkinkah itu perbedaan pendapat, ketidaktepatan eksekusi program, masalah dana, masalah perizinan, dan lain sebagainya. Namun, jangan menyerah karena itu, justru dengan begitu kalian akan belajar bagaimana mencari solusi dari masalah yang ada.


Memiliki banyak relasi


Bisa dipastikan bahwa ketika kamu terjun di dalah organisasi, kamu akan memiliki banyak teman. Kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin saja nantinya akan sangat membantumu untuk meniti karir, bahkan menjadi partner bisnismu kelak. Tetap jagalah relasi dengan rekan organisasimu karena mereka adalah orang berharga yang kamu miliki di kemudian hari.


Melatihmu berpikir kritis


Bukan hal asing jika kamu terlibat di sebuah organisasi, maka kamu akan sering berdiskusi dan koordinasi dengan banyak hal. Dengan itu kamu akan belajar berpikir kritis serta menghargai pendapat orang lain.


Belajar mengatur waktu


Saat kamu kuliah sekaligus aktif di organisasi memang memberimu tantangan baru yakni mengatur waktu. Kamu akan menjalani kesibukan yang cukup padat karena fokusmu terbagi di kuliah juga di organisasi. namun, tahukah kamu bahwa dengan belajar berorganisasi akan melatihmu lebih menghargai waktu sertai mengajarimu manajemen waktu.


Menambah kelengkapan CV Saat Melamar Kerja


Era sekarang jangan heran jika perusahaan lebih tertarik dengan lulusan yang memiliki banyak pengalaman dibanding modal IPK tinggi saja. Sebagian besar perusahaan akan melihat keduanya yakni IPK dan juga pengalaman organisasimu saat kuliah di kampus. Jadi bisa dipastikan apa yang kamu korbankan selama ikut organisasi di kampus tidak akan sia-sia. Di sana kamu akan mendapatkan banyak pengalaman berharga seperti melatih kepemimpinan dan menjadi orang yang profesional.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved