Agar Keuangan Anda Aman Saat Lebaran, Lakukan Tips Alokasi Keuangan Berikut

Tanggal: 2 Jun 2018 21:10 wib.
Momen bulan Ramadhan adalah satu momen yang paling dinanti-nantikan setiap tahun. Untuk dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik, maka perlu persiapan segala hal seperti persiapan hati, mental, dan fisik. Selain ketiga hal itu, Anda juga perlu persiapan terhadap keuangan. Meskipun logikanya di bulan puasa seharusnya tidak mengeluarkan banyak uang karena frekuensi makan berkurang.

Namun, bagi sebagian orang tidak bisa dipungkiri justru di momen Ramadhan menghabiskan uang lebih banyak dibanding hari biasa. Hal itu terjadi karena sering berbuka puasa bareng teman atau rekan kerja di tempat-tempat rumah makan mahal. Untuk itu, jika Anda tidak mengalami hal di atas, maka perlu Anda mengatur keuangan Anda selama bulan Ramadhan, penasara? Simak tips berikut.

Biasakan menabung

Jangan mengabaikan yang namanya menabung, justru menabung adalah salah satu cara membantu Anda di masa depan untuk kepentingan biaya-biaya tak terduga termasuk pengeluaran saat mudik dan semacamnya.

 

Persiapkan belanja bahan makanan

Biasanya menjelang perayaan idul fitri bahan-bahan makanan dan segala jenis kebutuhan yang dijual di pasar atau mall menjadi melonjak dari harga biasanya. Untuk mengantisipasi hal ini, alangkah baiknya Anda belanja lebih awal. Beli bahan-bahan yang awet seperti bumbu, bahan olahan, dan semacamnya.

 

Membuat rincian anggaran belanja

Agar keuangan Anda tidak kacau dan merasa kaget jika nantinya jumlah pengeluaran ternyata melonjak, maka buatlah rincian anggaran belanja Anda saat memasuki bulan Ramadhan. Hal ini berguna untuk mengutamakan kebutuhan yang prioritas dan tidak sembarangan menghabiskan uang Anda ke hal-hal yang tidak penting.

 

Sisihkan untuk sedekah

Sudah bisa dipastikan bahwa bulan Ramadhan ini akan membawa berkah bagi banyak orang terutama bagi umat muslim. Untuk itu sebagai ucapan syukur, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang Anda untuk infaq, zakat, dan sedekah.

 

Persiapkan bingkisan lebaran sejak dini

 Jika Anda memiliki kebiasaan memberi bingkisan lebaran kepada tetangga dan orang terdekat Anda saat lebaran, maka sebaiknya persiapkanlah itu jauh hari sebelum lebaran untuk mengantisipasi lonjakan harga yang terjadi jelang lebaran.

 

Komitmen pada rencana keuangan

Agar tidak keuangan Anda tidak mengalami deficit jelang lebaran, pastikan Anda komitmen terhadap rencana keuangan yang telah dibuat.  Focus pada daftar rincian anggaran yang telah dibuat, dan hindari pemborosan, dengan begitu keuangan Anda akan aman saat merayakan lebaran.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved