7 Tokoh Inspiratif Putra/i Tana Air dengan Prestasi yang Mendunia

Tanggal: 31 Mar 2018 21:09 wib.
Sudah bukan hal yang asing bagi pendengaran kita bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat kaya. Kekayaan yang dimaksud adalah kekayaan akan alamnya yang indah, budaya dari berbagai daerah dan suku, serta hal lainnya. Bahkan tidak hanya itu saja, harus diakui bahwa ada banyak juga putra putri terbaik Indonesia yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional melalui prestasi yang mereka toreh dalam berbagai bidang. Berikut 7 tokoh inspiratif anak Indonesia yang dilansir di laman blog.ruangguru.com yang telah mendunia lewat karya mereka:

1.Joey Alexander Sila



Pernah dengar nama Joey Alexander Sila? Yap, Joey Alexander merupakan seorang pianis cilik berbakat yang telah berhasil menorehkan prestasinya di dunia internasional. Di umurnya yang baru 10 tahun, ia sudah mahir memainkan tuts piano dengan indahnya hingga berhasil menarik perhatian dunia. Joey juga ramai diberitakan oleh media internasional, khususnya dalam media musik, sebagai prodigy alias anak ajaib.

Prestasi yang berhasil didapatkan oleh Joey adalah “Grand Prix 1st International Festival Contest of Jazz Improvisation Skill” yang diselenggarakan pada 5-8 Juni 2013 di Odessa, Ukraina. Sebagai peserta termuda, Joey berhasil mengungguli 43 peserta lainnya dari berbagai belahan dunia. Atas prestasinya, Joey dihadiahi tur keliling Eropa dan kontrak rekaman album.

2. Pierre Coffin



Kamu pasti tahu Minions kan, smart buddies? Yap, makhluk lucu berwarna kuning ini memang sangat terkenal hingga figur-figur karakter ini bisa kita dapatkan di mana pun dalam berbagai macam bentuk. Misalnya, boneka, gantungan kunci, tas, dan masih banyak lagi. Karakter yang sangat populer tersebut ternyata ‘dilahirkan’ oleh seorang arsitek berdarah Indonesia bernama Pierre Coffin lho smart buddies.

Ia merupakan putera dari seorang penulis ternama Indonesia bernama NH Dini. Kesuksesannya ini membuat Pierre Coffin dapat bekerja sama dengan selebriti Hollywood ternama dalam proyek film lainnya. Coba deh tonton film Minions dan cari tahu di adegan mana karakter Minions mengucapkan kata “Terima Kasih”. 

3. Griselda Sastrawinata



Griselda Sastrawinata merupakan wanita asal Indonesia yang sukses menjadi animator. Salah satu karyanya yang paling dikenal adalah Shrek. Griselda terlibat dalam penciptaan beberapa tokoh karakter dalam film Shrek ini. Setelah sebelumnya bekerja Dreamworks, Griselda saat ini sukses menjadi satu-satunya orang Indonesia yang bekerja di Walt Disney Studios lho, smart buddies. Griselda juga dipercaya sebagai salah satu visual development artist dalam film animasi Disney terbaru, Moana.

4. Ria Papermoon



Papermoon Puppet Theater merupakan teater boneka yang telah mendunia karya seorang wanita kreatif bernama Ria Papermoon. Wanita dengan nama asli Maria Tri Sulistiyani ini menciptakan Papermoon Puppet Theater pada tahun 2006. Walaupun Papermoon Puppet Theater merupakan sebuah teater boneka, teater ini juga dapat dinikmati oleh penonton dewasa.

Tema cerita yang diangkat merupakan cerita sejarah dari tahun 1965. Teater boneka ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari sejumlah negara lho smart buddies, seperti Malaysia, Singapura, India, Vietnam, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Pasti kalian juga ingat kan, adegan saat Rangga dan Cinta menonton Papermoon Puppet Theater saat berjalan-jalan bersama di kota Jogja pada film AADC 2 tahun 2016 lalu?

5. Christiawan Lie



Komikus asal Indonesia yang lebih dikenal dengan nama Chris Lie ini merupakan seorang komikus kelas dunia. Ia merupakan salah satu ilustrator komik terkenal seperti GI Joe dan Transformer. Chris Lie juga menciptakan komik hasil karyanya sendiri yang berjudul Return of the Labyrinth yang kemudian diterbitkan oleh Tokyopop. Pada edisi awal terbitnya komik ini, Return of the Labyrinth berhasil menduduki posisi keempat komik terlaris di Amerika dan mampu bersaing dengan komik Naruto. 

6. Chris Lesmana



Siapa yang tidak tahu merek mobil Volkswagen atau VW? Merek asal Jerman ini ternyata mempercayakan desain VW New Beetle (kita kenal dengan nama mobil kodok) kepada salah satu anak muda Indonesia bernama Chris Lesmana.

Karya desain mobil VW lainnya yang dibuat oleh Chris adalah VW Up! yang meraih penghargaan World Car of The Year pada tahun 2012 dan VW Golf. Desain karya Chris sekarang sudah terdaftar dalam lembaga paten Amerika Serikat pada tahun 2008. Saat ini, Chris telah menduduki posisi sebagai Desainer Senior di Volkswagen AG, Jerman.

7. Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad



Dari bidang olahraga, tidak lengkap rasanya jika kita tidak menyebutkan nama duo pebulu tangkis Liliyana dan Tontowi. Pebulu tangkis ganda campuran ini sudah beberapa kali mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Sebut saja gelar yang mereka sabet tiga tahun berturut-turut di All England 2012, 2013, dan 2014. Mereka juga meraih medali emas di Olimpiade Rio tahun lalu yang berhasil membuat kita semua terharu sekaligus bangga saat mendengar Indonesia Raya berkumandang.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved