7 Kesalahan yang Harus Dihindari Agar Mudah Bangun Pagi

Tanggal: 18 Sep 2017 20:00 wib.
Perasaan itu berlaku bagi kita semua: setelah tidur lebih awal dan tidur tidak kurang dari 8 jam, kita masih belum cukup tidur dan merasa lelah. Kita sering menyalahkan stres dan rutinitas harian.

Berikut ini adalah hal-hal yang membuat tidurmu tidak nyenyak.

1. Tidak ada jadwal harian

Hidup kita berjalan sesuai dengan ritme sirkadian (juga dikenal sebagai jam biologis), yang merupakan siklus reguler dalam keseharian kita termasuk waktu tidur. Tidur pada waktu yang berbeda setiap malam akan memutus siklus ini, dan ini bisa mengakibatkan kantuk dan kelelahan.

2. Merangkap tidur pada akhir pekan

Jika Anda tidur 5-6 jam di hari kerja, sementara waktu yang dihabiskan di tempat tidur di akhir pekan dua kali lebih lama, Anda telah menghancurkan ritme biologis tubuh Anda. Selain gangguan tidur, itu penuh dengan peningkatan risiko pengembangan obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular. Untuk menghindarinya, usahakan untuk tidak mengubah waktu bangun Anda lebih dari satu jam.

3. Menekan tombol snooze

15 menit tambahan tidur tidak akan berguna bagi Anda. Anda mungkin akan masuk ke dalam fase tidur nyenyak dan merasa semakin lelah saat terbangun. Sebaiknya atur alarm untuk agar Anda benar-benar perlu bangun.

4. Terlalu banyak cahaya di dalam ruangan

Jika mata Anda terkena cahaya, tubuh Anda akan terganggu dalam produksi hormon melatonin yang merangsang tidur, yang dapat menyebabkan gangguan tidur. Efek ini berlaku untuk cahaya alami dan buatan seperti tombol TV yang menyala atau sinyal cahaya ponsel Anda, jadi lebih baik matikan semua peralatan elektronik di kamar tidur Anda.

5. Melewatkan sarapan

Sarapan membantu memulai jam biologis yang mempengaruhi aktivitas tubuh yang berikutnya. Jika waktu antara bangun tidur dan makan terlalu lama, tubuh Anda akan meningkatkan kadar hormon stres kortisol.

6. Makan makanan bertepung dan manis sebelum tidur

Makan sebelum tidur berbahaya tidak hanya untuk tubuh Anda tapi juga untuk tidur Anda. Hal ini terutama berlaku untuk makanan dengan indeks glisemik tinggi, yang meningkatkan kadar kortisol di tubuh Anda. Efek ini berlangsung selama 5 jam, jadi Anda akan lebih baik melepaskan pizza, kue, dan kentang 5 jam sebelum tidur dan menggantinya dengan makanan ringan seperti yogurt atau daging rendah lemak.

7. Mandi air hangat sebelum tidur

Berendam dengan air hangat akan membantu Anda rileks dan tertidur dengan baik, tapi ini tidak baik dilakukan menjelang tidur. Alasannya adalah bahwa penurunan suhu tubuh adalah salah satu sinyal yang dikirim tubuh Anda untuk mengatakan bahwa saatnya untuk tidur, dan mandi air panas akan mengganggu sinyal ini. Untuk mencegahnya, mandilah setidaknya 1,5 atau 2 jam sebelum waktu tidur.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved