7 Hal yang Harus Anda Ketahui untuk Bertahan dalam Situasi Kritis

Tanggal: 23 Agu 2017 10:40 wib.
Apapun bisa terjadi dalam hidup, termasuk situasi yang mengancam. 7 aturan bertahan hidup ini akan membantu Anda mengatasi kesulitan dan bahkan dapat menyelamatkan hidup Anda.

1. Buat api dari baterai telepon.

Jika Anda tersesat jauh dari peradaban, gadget Anda akan sia-sia kecuali Anda membuat api dari baterai.

Banyak smartphone dan tablet memiliki baterai lithium (Li-ion). Jika Anda menusuk baterai semacam itu dengan sesuatu yang tajam, itu akan menyebabkan reaksi kimia yang berakibat kebakaran. Yang Anda butuhkan adalah menyiapkan kayu bakar terlebih dahulu.

2. Melarikan diri dari arus rip current.

Saat berenang di laut, kita bisa menghadapi fenomena berbahaya yang disebut "rip current" atau hanya "rip." Itu bisa muncul di sembarang tempat. Saat kita ketahuan, naluri kita menyuruh kita berenang ke pantai secepat mungkin. Tapi, akibatnya, kita hanya menjauh darinya.

Jika Anda terjebak dalam air pasang, jangan berenang langsung ke pantai: bergerak secara diagonal atau sejajar dengannya untuk keluar dari arus, sehingga Anda bisa berenang melintasi mereka untuk menyelamatkan hidup Anda.

3. Lari dari seekor buaya.

Saat bergerak dalam garis lurus, seekor buaya bisa berlari lebih cepat dari manusia. Namun, karena kaki mereka pendek dan tubuh mereka panjang, mereka akan kesulitan menghadapi di tikungan. Inilah sebabnya mengapa mereka tidak mengejar mangsa mereka terus-menerus ketika tidak terlihat.

Jika buaya mengejar Anda, larilah dengan zig-zag untuk melarikan diri.

4. Jika Anda disengat ubur-ubur.

Sengatan ubur-ubur dapat menyebabkan syok neurogenik, reaksi alergi, dan intoksikasi kuat tubuh. Inilah yang perlu Anda lakukan untuk menghindari atau mengurangi konsekuensi yang tidak menyenangkan dari pertemuan semacam itu:

Segera bersihkan luka itu, dan singkirkan sisa-sisa tentakel. Untuk menghindari sengatan baru, jangan sentuh tentakel dengan tangan kosong.

Cuci daerah sengatan dengan air asin. Jangan pernah menggunakan air bersih untuk ini: ini akan mengaktifkan sel-sel yang menyengat.

Untuk menghilangkan toksin, buat kompres cuka sari apel atau alkohol.

Minumlah banyak air, dan kenali dokter. Air akan membantu Anda pulih lebih cepat, dan dokter akan meresepkan obat-obatan yang diperlukan.

5. Ingat "aturan 3."                    

Aturan 3 adalah peraturan yang menunjukkan rata-rata kelangsungan hidup seseorang dalam kondisi tertentu.

3 menit tanpa udara, rata-rata, sampai seseorang kehilangan kesadaran;

3 hari tanpa air, setelah itu terjadi dehidrasi yang mengancam jiwa;

3 minggu tanpa makanan tanpa kerusakan serius pada kesehatan. Dalam situasi kritis, tubuh dibangun kembali dan terkadang bisa dilakukan tanpa makanan selama sebulan.

Bila semuanya berjalan baik, perlu diingat "aturan 3" dan penetapan prioritas.

6. Memadamkan panci yang menyala.

Dalam hitungan detik, wajan yang tidak kita diawasi di atas kompor bisa terbakar. Hal ini terjadi jika minyak menjadi terlalu panas. Dalam situasi seperti ini, jangan pernah menuangkan air ke atas minyak yang sedang terbakar. Ini akan membuat api lebih besar dan kuat, dan minyak akan terciprat ke segala arah.

Jika nyala api kecil, Anda bisa menuangkan baking soda ke dalam panci: ia menyerap oksigen. Namun cara yang paling efektif untuk menghindari kebakaran adalah dengan menutupi penggorengan dengan kain katun yang padat seperti selimut biasa atau setumpuk kaus.

7. Jika tusukannya dalam.

Banyak orang percaya bahwa saat Anda terluka oleh sebuah benda yang menancap di tubuh Anda, perlu segera menghilangkan bekas dan membersihkan lukanya. Itu benar. Namun jika luka itu dalam, sebaiknya jangan sekali-kali mengeluarkan benda atau pecahan.

Mencabutnya akan membuat lukanya makin mulai berdarah. Karena itu, terkadang lebih baik tidak menyentuh tempat cedera sama sekali sampai ambulans tiba.

Kami harap Anda tidak akan pernah menggunakan tips ini. Tetaplah aman ya. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved