7 Cara Ampuh untuk Mempertajam Otakmu

Tanggal: 15 Agu 2017 09:29 wib.
Otak selalu mengalami perubahan seiring berjalannya waktu, mulai dari lahir hingga mati. Pada usia tertentu, perkembangan otak mengalami kemunduran hingga otak tidak setajam sebelumnya. Lakukan hal-hal di bawah ini untuk membantu otak Anda tetap setajam mungkin. 

1. Berolahraga

Berolahraga akan menghasilkan aktivitas memompa darah ke otak dan mendorong pertumbuhan sel otak baru - dan Anda tidak perlu menghabiskan berjam-jam di gym untuk mendapatkan efek positifnya. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik teratur, seperti berjalan kaki atau bersepeda, selama 30 menit sehari mengurangi kehilangan sel otak. (Aktivitas fisik secara teratur juga dapat secara signifikan mengurangi risiko serangan jantung, stroke, diabetes dan banyak lagi.)

2. Tantang Dirimu

Studi menunjukkan bahwa aktivitas merangsang mental dapat membantu membalikkan penurunan kognitif. Sama seperti mengangkat dumbbell memperkuat otot Anda, menjaga agar pikiran Anda tetap terlibat tampaknya meningkatkan vitalitas otak dan dapat membangun cadangan sel otak dan koneksi. Apakah merangsang aktivitas yang Anda nikmati: Baca, tulis, susun teka-teki gambar, kerjakan teka-teki silang ... semuanya penting.

3. Mendengarkan Musik

Sebuah studi di Journal of Neuron menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat mempertajam kemampuan otak untuk mengantisipasi kejadian dan tetap fokus. Periset mengambil MRI otak orang saat mereka mendengarkan musik simfoni, dan kemudian saat tidak. Ketika musik dimainkan, area otak terlibat dengan memperhatikan, membuat prediksi dan mengakses kenangan terlibat; Hal yang sama tidak bisa dikatakan saat diam.

4. Menjaga hubungan dengan orang yang Anda sayangi

Berinvestasi dalam ikatan Anda dengan teman dan orang yang Anda cintai. Para ahli menduga bahwa interaksi sosial mengharuskan Anda melibatkan area otak yang terlibat dalam memori dan perhatian, proses mental yang sama yang digunakan dalam banyak tugas kognitif. Selanjutnya, satu penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas yang menggabungkan interaksi sosial dengan aktivitas fisik dan mental dapat membantu mencegah demensia. Mendaftar untuk kelas dansa, yang memungkinkan Anda meluangkan waktu bersama teman, bisa bergerak dan menantang otak Anda karena bekerja untuk mengikuti semua langkah rumit itu.

5. Makan dengan bijak

Makanan tertentu kaya akan vitamin dan nutrisi lainnya yang bisa membantu menggagalkan ancaman terhadap kesehatan otak Anda. Misalnya, secara teratur mengonsumsi buah dan sayuran berseri, yang memiliki antioksidan anti-penyakit tingkat tinggi, akan membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit di seluruh tubuh, termasuk otak. Masaklah makanan dengan bahan yang mengandung lemak mono dan tak jenuh ganda, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL ("baik") dan - menurut penelitian - dapat membantu melindungi sel otak.

6. Bebas dari merokok

Merokok dapat mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi otak yang membantu menjaga kesehatan, dan beberapa penelitian mengindikasikan bahwa ia bahkan dapat mempercepat proses penuaan alami otak. Merokok juga dapat menyebabkan perumusan plak yang dapat menyebabkan demensia.

7. Lindungi kepala Anda

Para ahli berpikir bahwa mungkin ada hubungan antara cedera kepala serius dan penyakit Alzheimer, terutama saat trauma terjadi berulang kali atau melibatkan hilangnya kesadaran. Lindungi otak Anda dengan memakai sabuk pengaman, menggunakan helm saat berpartisipasi dalam olahraga dan jatuh-memeriksa rumah Anda.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved