6 Tips Tetap Menjadi Orang yang Kreatif Hingga Tua

Tanggal: 31 Mei 2018 19:09 wib.
Dalam kehidupan ini, semakin hari semakin banyak bentuk dan jenis masalah yang dialami manusia, meski hal ini didahului oleh kemajuan teknologi yang sangat pesat dan menawarkan berbagai kemudahan untuk mengatasi berbagai persoalan yang terjadi. Karenya dalam menyelesaikan setiap problematika yang terjadi Anda dituntut untuk kreatif.

Kreatif yang dimaksud adalah pola pikir cerdas yang Anda gunakan untuk memecahkan masalah yang terjadi, baik dalam rumah tangga, perkuliaha, di kantor, dan lingkungan masyarakat. Saat Anda menjadi pribadi yang kreatif, bisa dipastikan Anda memiliki kesiapan yang cukup untuk mengatasi berbagai persoalan yang menghampirimu. Menjadi kreatif pun tidak hanya sampai masa muda, saja akan tetapi Anda juga perlu tetap menjadi kreatif hingga tua nanti, penasaran tipsnya? Berikut tipsnya untuk Anda.

1. Terbiasa membawa buku catatan

Mungkin hal ini terlihat sepele tetapi jangan anggap remeh karena buku catatan sangat penting untuk tetap menjadi kreatif. Pasalnya ide dan inspirasi bisa datang kapan dan dimana saja. Nah, agar ide dan inspirasi Anda tersebut tidak hanya sebatas ide yang berlalu begitu saja, maka Anda perlu mencatatatnya di buku catatan agar tidak lupa.

2. Membiasakan diri berimprovisasi

Supaya potensi kreatifitas Anda semakin berkembang, maka sangat baik jika Anda membiasakan diri untuk tampil beda. Membiasakan diri berimprovisasi dalam menanggapi ataupun melakukan sesuatu. Improvisasi yang dimaksud disini adalah bukan memaksakan diri tampil beda yang terkesan norak ya. Tetapi lebih ke cara Anda untuk tampil lebih elegan dan bernilai tambah dibanding yang lain.

3. Berada di lingkungan orang kreatif

Bukan rahasia umum lagi bahwa lingkungan sangat mempengaruhi kepribadian dan kehidupan Anda. jika Anda berada di lingkungan orang-orang yang kreatif maka secara tidak langsung Anda dituntut untuk menjadi kreatif jika ingin nyambung dengan mereka.

4. Belajar dari setiap kesalahan

Setiap orang pasti pernah berbuat salah dan itu adalah hal biasa. Untuk itu jangan anti terhadap kesalahan, setiap orang pasti pernah membuat suatu kesalahan. Jangan minder dan menganggap kesalahan adalah akhir dari segalanya, tetapi jadikanlah kesalahan sebagai media pembelajaran yang dapat mengubah hidup Anda agar tidak jatuh pada kesalahan yang sama.

5. Menjadi diri sendiri

Menjadi diri sendiri memang tidak mudah, karena kita hidup berdampingan dengan orang-orang yang tentu saja berbeda dengan kita. Acap kali kita merasa minder karena membandingkan diri dengan orang lain, akibatnya ingin sekali rasanya ingin menjadi orang lain. Jika mengalami hal semacam ini, jangan biasakan diri Anda karena itu hanya membuat Anda semakin kehilangan jati diri. Percayalah pada diri sendiri, jangan ikuti kata orang lain, ikut kata hati Anda, dan lakukan apa yang Anda anggap benar, tentu saja yang disertai dengan pertimbangan banyak hal. Hadapi setiap masalah dengan mandiri dan jangan mengandalkan orang lain.

6. Selesaikan apa yang dimulai dan nikmati setiap prosesnya

Untuk menjadi kreatif Anda perlu berlatih dan berjuang. Caranya adalah dengan membiasakan diri menyelesaikan segala sesuatu yang telah Anda mulai. Kemudian, jangan banyak mengeluh, nikmati setiap proses yang Anda harus lalui.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved