5 Tips Ajarkan Anak Tentang Nilai Persahabatan

Tanggal: 23 Jun 2018 14:09 wib.
Tampang.com – Masa kecil anak adalah masa krusial dimana pada masa itulah Anda mulai menanamkan nilai – nilai yang ingin Anda berikan untuk membentuk karakter sang anak. Salah satu nilai yang sangat penting dan harus Anda berikan kepada anak Anda adalah tentang nilai persahabatan.

Jadilah sahabat bagi anak

Siapa sangka, apa yang Anda lakukan sebagai orangtua tentunya akan ditiru oleh anak Anda. Jadilah sahabat untuk anak Anda. Sehingga anak Anda akan memahami arti persahabatan itu sendiri. Bagaimana Anda berkomunikasi dengan sahabat Anda, hal itu akan ditiru oleh anak Anda.

Beri kesempatan pada anak untuk bersosialisasi

Anak – anak pada umumnya senang bermain. Namun , tidak jarang ada anak yang justru merasa kesulitan untuk menjalin pertemanan dengan teman – temannya.

Tunjukkan contoh persahabatan melalui televisi

Media televisi bisa menjadi sarana untuk mengajarkan Anak tentang arti persahabatan. Selalu awasi apa yang anak Anda tonton. Jangan biarkan anak anda menonton tayangan yang tidak seharusnya. Arahkan dia untuk menonton tayangan yang mendidik dan menunjukan nilai persahabatan.

Ajarkan mengatur emosi pada anak

Dalam persahabatan, sang anak perlu memahami bagaimana mengatur emosi. Bagaimana ia bersikap dan juga bagaimana mengingatkan apabila ada salah satu temannya yang tidak mampu menahan emosi.

Tanamkan nilai kejujuran dan cara menangani konflik

Ajarkan anak untuk selalu jujur dengan apa yang ia lakukan. Jika ia telah bersalah maka ingatkan ia untuk bisa meminta maaf kepada temannya dan juga dapat memaafkan jika temannya telah melakukan kesalahan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved