3 Jenis Olahraga Ibu Hamil yang Bisa Dilakukan di Lingkungan Rumah

Tanggal: 27 Okt 2017 05:24 wib.
Hamil memang membawa perubahan yang besar pada tubuh kita. Seperti badan jadi lebih mudah lelah, dsb. Akan tetapi, hamil bukanlah penghalang kita untuk dapat tetap berolahraga. Banyak manfaat olahraga untuk ibu hamil seperti menjaga kebugaran tubuh, tidur menjadi lebih nyenyak dan agar kehamilan yang sedang dijalani berjalan dengan sehat dan persalinan yang akan di hadapi juga akan berjalan dengan lancar.

Namun, harus diingat jika olahrga yang dilakukan tidak sembarangan, pilih olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Sesuaikan pula jenis olahrag dengan usia kehamila, karena jika sembarangan memilih jenis olahraga, alih- alih sehat yang didapat, justru malah akan membahayakan keselamatan janin dalam kandungan. Konsultasikan dulu pada bidan atau dokter kandungan bila kondisi kehamilan tidak memungkinkan untuk berolahraga.


Berikut ini jenis-jenis olahraga yang mudah atau ringan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil:

1. Jalan Santai

Jenis olahraga ini memang paling mudah. Kita bisa melakukannya di area sekitar lingkungan rumah.
Baiknya kita memilih jalan yang datar supaya menghindari resiko jatuh dan sebaiknya lakukan pada pagi hari karena udara pagi masih sangat bersih dan masih terbebas dari polusi.

2. Senam Hamil

Kita bisa mengikuti kelas senam khusus ibu hamil dengan instruktur. Namun, jika kita malas untuk keluar rumah, kita bisa juga melakukan senam di rumah. Caranya, dengan mengikuti panduan dari video senam.

Olaharaga ini bisa membuat kamu merasakan rileks dan juga otot-otot kamu semakin kuat untuk persalinan.


3. Olahraga Berenang

Olahraga ini sangat bemanfaat untuk ibu hamil, seperti menjaga kinerja jantung, menjaga berat badan dan melatih otot-otot.

Bila mempunyai kolam renang di rumah, kita bisa lakukan hal ini di rumah. Kita bisa berenang sekitar 15 menit. Ibu hamil tidak dianjurkan untuk berlama- lama melakukan olahrga ini karena bisa menyebabkan dehidrasi dan terjadinya perubahan suhu yang bisa saja membahayakan si janin. Dan jangan lupa, sehabis berenang kita minum segelas air putih ya untuk mencegah dehidrasi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved