Cara Abu Nawas Memilih Gubernur di Ibu Kota

Tanggal: 19 Apr 2017 07:17 wib.
Konon Khalifah Harun Al-Rasyid ingin memprediksi siapa di antara dua calon Gubernur Ibu Kota Baghdad yang akan dipilih oleh rakyat ibu kota. Khalifah tidak mempercayai semua lembaga survey dan media massa yang ada karena umumnya mereka membuat prediksi dengan mengunggulkan calon gubernur yg berani membayar mahal mereka. Untuk memuaskan rasa ingin tahunya, Khalifah sangat paham kepada siapa dia harus bertanya. Ada salah satu warga negaranya yg sangat dia percaya. Walau dia dari kalangan kaum duafa, cuman golongannya "WC=WONG CILIK", tetapi kejujurannya sudah berkali-kali dia buktikan. Siapa lagi dia itu kalau bukan "Si Abu Nawas".

Nah....kali ini Khalifah akan mengujinya lagi dengan pertanyaan yang terkait dengan pemilihan pemimpin di ibukota negeri Baghdad ini. Maka dipanggilnya Abu Nawas ke hadapan sang Kholifah.

"Hai Abu Nawas, kalau kamu menjadi penduduk di kota itu, siapa pemimpin yang akan kamu pilih?"

"Tuan Khalifah, itu pertanyaan mudah. Saya tinggal buka surat suara, lalu saya pilih pasangan dengan nomor urut ganjil saja!" Jawab Abu Nawas singkat.

"Memangnya ada apa dengan nomor urut ganjil?" Tanya Sang Khalifah...

"Bukankah ada hadist yang mengatakan, Allah itu menyukai bilangan ganjil. Masa saya tidak memilih bilangan yang disukai Allah" Abu Nawas berdalih..

Begitulah jawaban jujur Abu Nawas saat digoda dengan pertanyaannya Khalifah.
Cara berpikirnya simple tetapi mengena. Sang Khalifah bertanya lagi:

"Hai Abu Nawas, saya uji dengan pertanyaan yang lebih sulit lagi sekarang. Menurut kamu siapa pemimpin yang akan memenangkan pemilihan ini?".

"Tuan Khalifah, justru ini pertanyaan yang paling mudah. Tuan tinggal buka surat suara, lalu lihatlah gambar pasangan yang di sebelah kanan, merekalah yang akan memperoleh kemenangan". Jawab Abu Nawas...

"Memangnya ada apa dengan golongan kanan?"
Kata Sang Khalifah..

Abu Nawas menjawab: "Bukankah dalam Al-Waqiah ayat 8 Allah mengatakan bahwa golongan kanan adalah golongan yang dimuliakan. Masa saya tidak percaya firman Allah"

Lagi-lagi Abu Nawas menjawab dengan jawaban yang memuaskan. Khalifah pun akhirnya mengakui kecerdasan Abu Nawas. Dalam hati Sang Khalifah mempresiksi bahwa Pemenang Pilgub Ibu Kota Baghdad kemungkinan besar adalah Pasangan Cagub Nomor Ganjil yang gambarnya terpasang di kartu suara di sebelah kanan..

Wallahu 'alam😅
Copyright © Tampang.com
All rights reserved