Yuk Bersihin Rumah! Ini Loh Manfaatnya

Tanggal: 15 Feb 2018 14:22 wib.
Tampang.com - Bersih-bersih rumah memang menjadi pekerjaan yang tidak menyenangkan dan malas untuk dilakukan. Salah satu alasan yang paling banyak digunakan adalah karena nantinya rumah juga berantakan lagi, jadi kenapa harus di bersihkan.

Padahal, rumah yang rapi dan bersih memiliki banyak manfaat yang dapat kita nikmati. Dikutip dari laman India Times, berikut beberapa manfaat bersih-bersih rumah.

Tampak lebih baik dan segar

Bukankah sudah jelas bahwa rumah yang rapi, bersih, dan teratur akan membuat penghuninya merasa lebih nyaman? Ruang keluarga yang rapi sampai kamar mandi yang bersih akan memunculkan perasaan yang lebih segar.

Membuat lebih produktif dan bebas stres

Menurut banyak penelitian, lingkungan yang bersih akan membuat orang lebih fokus pada pekerjaannya sehingga lebih produktif.

Menjauhkan diri dari alergi

Rutin membersihkan rumah akan mengusir debu dan alergi yang disebabkannya. Debu bisa mengiritasi hidung, tenggorokan, dan mata sehingga menyebabkan mata merah, bersin-bersin, atau hidung berair.

Makanan sehat

Dapur adalah tempat memasak sehingga kebersihannya harus selalu dijaga. Bila dapur kotor dan berantakan, banyak kuman yang bersarang dan bisa ikut terbawa di makanan.

Berolahraga

Membersihkan rumah juga ibarat berolahraga dan membantu membakar kalori, apalagi bila diiringi dengan alunan musik yang membuat rileks. Rumah bukan hanya rapi dan bersih, tubuh pun jadi sehat karena sering "berolahraga".

Lebih percaya diri mengundang tamu

Banyak orang yang khawatir atau malu bila mengundang orang lain karena rumah yang berantakan. Cobalah membuatnya lebih rapi agar lebih percaya diri mengundang teman-teman atau kolega.

Baik untuk kesehatan mental

Ruangan yang bersih dan rapi akan membuat kita merasa tenang dan fokus, yang baik untuk kesehatan mental. Membersihkan rumah juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan depresi. Para penderita depresi disarankan untuk menjaga tempat tinggalnya bersih agar pikiran juga ikut bersih.

Mengurangi risiko cedera

Barang-barang yang terletak sembarangan dan tidak teratur bisa menyebabkan pemiliknya tersandung dan terjatuh sehingga berakibat cedera.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved