Tips Mengurangi Kecanduan Menggunakan Smartphone

Tanggal: 14 Nov 2018 11:28 wib.
Tampang.com - Smartphone hampir digunakan semua orang mulai anak-anak sampai emak-emak yang sudah berusia lanjut di era serba modern ini. Tak heran jika keberadaan smartphone dapat menimbulkan kecanduan bagi pemakainya baik kecanduan untuk kebutuhan komunikasi, mencari informasi maupun maen game.

Efek atau pengaruh radiasi smartphone sebetulnya kurang baik bagi kesehatan. Radiasi smartphone dalam jangka panjang akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita, sayangnya walaupun sudah banyak masyarakat pengguna smartphone yang mengetahui bahaya smartphone ini namun seolah tidak peduli dengan bahaya yang ditimbulkannya.

Memang susah dan butuh proses agar kita tak kecanduan smartphone karena mulai bangun tidur sampai tidur lagi, smartphone kita seolah tak pernah lepas dari genggaman.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan pegangan agar kita bisa mengurangi kecanduan smartphone. Mungkin awalnya susah diakukan karena smartphone sudah ibarat teman hidup yang setia mendampingi kemanapun (istri aja masih kalah yaa).

Matikan Smartphone Saat-saat Tertentu

Mematikan smartphone di kondisi tertentu dapat membantu mengurangi kecanduan pemakaian smartphone. Saat kita hendak tidur, ada baiknya smart phone dimatikan sambil dichas agar aktifitas di smart phone tidak mengganggu tidur. Demikian juga pada waktu bekerja, matikan smartphone kita pada kondisi tertentu agarkita bisa fokus pada pekerjaan.

Buang Aplikasi yang Bikin Kecanduan

Banyak aplikasi di smart phone kita yang bikin kecanduan menggunakan smart phone. Aplikasi game atau aplikasi lainnya yang sering digunakan, sebaiknya dihapus. Memang berat awalnya untuk meninggalkan aplikasi yang sering membuat kita lupa segala-galanya.

Jauhkan Smartphone dari Pandangan dan Jangkauan

Simpan smartphone kita di tempat yang cukup jauh dari pandangan dan jangkauan. Jika smartphone disimpan disaku atau tas, kita pasti akan selalu tergoda untuk menggunakan smartphone, apalagi jika kita melihat banyak teman-teman kita yang sedang asik atau rame di media sosial.

Matikan Suara atau Notifikasi Smartphone

Suara atau notifikasi smartphone yang berbunyi terkadang mengganggu pekerjaan kita dan menggoda kita untuk melihat apa yang ada di smartphone. Dengan suara dimatikan dan getar dimatikan, smartphone kita seolah bisu tanpa adanya aktifitas sehingga kita bisa tetap fokus pada pekerjaan kita.

Buat Aktifitas tanpa Smartphone

Akifitas yang tidak menggunakan smartphone sangat banyak sekali. Olahraga yang dilakukan bersama-sama teman seperti sepak bola, volley, basket, renang dan lainnya bisa mengurangi sedikitnya kecanduan smartphone. Jangan lakukan olah raga yang masih bisa menggunakan smartphone seperti jalan kaki atau senam.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved